Gencar Hidupkan Budaya Meneliti, Universitas Bosowa Komitmen Lahirkan Mahasiswa Berprestasi

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Guna menjadikan penelitian sebagai budaya, Lembaga Ilmiah dan Kreativitas Mahasiswa (Litmasi) Universitas Bosowa (Unibos) melaksanakan seminar pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dengan mengusung tema “Penelusuran Gagasan Mahasiswa dalam Rangka Peningkatan Prestasi Akademik” di Kampus Unibos, Jalan Urip Sumoharjo, Selasa (28/6/2016).

Berpusat di Ruang Senat Lantai 9 Unibos, kegiatan dihadiri Wakil Rektor III Unibos Abdul Haris Hamid, Pembina UKM Litmasi, Pengurus UKM Litmasi, serta puluhan mahasiswa lainnya yang berasal dari berbagai jurusan.

Mahasiswa yang hadir adalah calon penerima beasiswa PPA dan BBP-PPA. Materi pengenalan PKM dibawakan langsung Zulkifli Makkawaru yang juga pembina UKM Litmasi.

“Menulis harus dipahami mahasiswa sebagai sarana menyampaikan gagasan,” ungkapnya.

Zulkifli menambahkan, pelatihan dilaksanakan untuk mengenalkan PKM kepada mahasiswa Unibos, serta untuk meningkatkan bakat dan minat mahasiswa agar terus berkarya dalam bidang penulisan karya ilmiah.

Terkait program ini, mahasiswa dimudahkan berkreativitas dan berkarya dengan adanya pembagian bidang penelitian yang akan mereka geluti sesuai bakat dan minat. Di antaranya, PKM Penelitian (PKM-P), PKM Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM Karsa Cipta (PKM-KC), serta PKM Pengabdian Masyarakat (PKM-M).

Wakil Rektor III Unibos menyampaikan dukungannya atas partisipasi aktif mahasiswa Unibos dalam menghidupkan ide-ide kreatif dalam karya tulis yang dibuat. Saat ini, Universitas Bosowa telah memulai merancang untuk menjadikan PKM sebagai salah satu mata kuliah wajib yang diapresiasi 1 SKS.

Selain itu, seluruh mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa diwajibkan membuat karya penelitiannya. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan budaya ilmiah di lingkungan kampus Unibos.

“Saya sangat berharap adanya mahasiswa-mahasiswa lain yang dapat meneruskan prestasi dalam bidang PKM, seperti apa yang telah diraih beberapa mahasiswa Unibos dalam bidang PKM tahun ini,” pesannya.

Tahun ini, Unibos berhasil meloloskan empat karya tulis mahasiswanya untuk dilakukan monitoring dan evaluasi oleh Ditjen Dikti, dan akan kembali diseleksi untuk mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas).

Melalui kesempatan ini, WR III Unibos kembali menegaskan, pemerintah melalui Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek), telah memberikan peluang besar kepada seluruh mahasiswa Indonesia, tidak terkecuali mahasiswa Unibos.

Peluang ini, khususnya dalam hal pengembangan ide-ide kreatif, yang dituangkan dalam bentuk penelitian dan karya ilmiah, merupakan bukti nyata pengaplikasian Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Makanya, tidak ada lagi alasan bagi mahasiswa untuk tidak berkarya dan terus terbelenggu dalam keterbatasan,” imbuh Zulkifli.

Nurizatti/Foto: Istimewa

Comment