Implementasi Cashless, Bank Danamon Siagakan 1.246 ATM Berlogo D-Cash

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Setelah diluncurkan secara nasional di Jakarta pada 30 Mei 2016, PT Bank Danamon Indonesia Tbk meluncurkan fitur terbaru Ponsel D-Cash di kawasan timur Indonesia (KTI). Seremoni peluncuran digelar di Lt 8 Kantor Wilayah Danamon, Jalan Ahmad Yani, Makassar, Rabu (1/6/2016) lalu.

Sebelumnya, bank identik warna kuning ini sudah meluncurkan fitur pengiriman dana melalui media sosial Facebook. Fitur memungkinkan nasabah Bank Danamon pengguna aplikasi mobile banking D-Mobile untuk memberikan uang tunai. Di sini, penerima tidak perlu memiliki kartu ATM, rekening, maupun aplikasi D-Mobile.

Peluncuran di Makassar dihadiri E-Channel Business Head Danamon Astika Dhamasatya, Regional Corporate Officer and Regional Consumer Head Bank Danamon Wilayah Sulawesi, Papua, dan Maluku (Sulampua) Dalman Mangiri, dan stakeholder lainnya.

Dalman menjelaskan, pihak penerima cukup menggunakan ponsel untuk mengambil dana di ATM Danamon berlogo D-Cash. Layanan tersebut merupakan salah satu inovasi Bank Danamon untuk memudahkan nasabah dalam bertransaksi mengirimkan uang dalam nominal yang lebih kecil.

“Kami menyasar mass market. Ini artinya, masyarakat umum dapat mengirim dana lebih kecil sekitar Rp 100 ribu-Rp 500 ribu per transaksi sesuai ketentuan pengiriman,” ulasnya.

Sementara itu, Astika menjelaskan, program ini cocok digunakan untuk mengirim dana karena bebas biaya, dibandingkan harus mengirim dana dari rekening bank yang berbeda akan dikenakan biaya administrasi.

Menurutnya, ponsel D-Cash pihaknya ini serba gratis, gratis untuk penerima maupun pengirim. Secara teknis, layanan cukup mudah. Nasabah sebagai pemberi uang cukup reservasi dengan mengikuti instruksi menu di ponsel D-Cash pada aplikasi D-Cash.

“Pengirim memasukkan nomor ponsel yang dituju, mencantumkan nominal dana yang akan dikirim, dan membuat passcode yang nantinya akan dikirim ke penerima. Selanjutnya, konfirmasi transaksi dengan memasukkan mPIN, dan selesailah tahapanya,” papar Astika.

Adapun penerima uang pun dapat langsung menarik uang di mesin ATM Danamon berlogo D-Cash. Selanjutnya, penerima memilih menu transaksi “Tarik Tunai Tanpa Kartu”, masukkan nomor ponsel penerima serta passcode dari pengirim, dan pilih jumlah dana.

Seketika penerima akan menerima one time password melalui pesan singkat untuk dimasukkan kembali. Terakhir, ambil dananya.

“Layanan ini cukup aman. Sebab, jika ada kesalahan nomor yang dikirimkan, bisa dibatalkan selama penerima belum memasukkan passcode dan nomor password,” katanya,” imbuh Astika

Sekadar diketahui, secara nasional ada 1.641 unit ATM. Sebanyak 1.246 ATM di antaranya berlogo D-Cash. Khusus di Sulawesi, ada 126 unit ATM, Sulsel 77 unit dan Makassar 57 unit.

Saat ini, Bank Danamon memaksimalkan ATM yang ada. Ke depannya, manajemen akan mengusahakan menambah jumlah ATM agar layanan ini bisa lebih luas. Tentu, tujuannya akhirnya guna memujudkan cashless dalam masyarakat.

Haykel Iswandi/Foto: Haykel Iswandi

Komentar

Check Also

Nikmati Promo Buy 1 Get 1 Free ala Gastros MaRI dan Nipah Mall

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Memanjakan lidah setiap pengunjung setianya melalui berbagai pilihan sajian menu makanan yang …

Share This
Mediawarta