Ini Daftar Maskapai Penerbangan Teraman

MEDIAWARTA.COM – Perjalanan udara masih menjadi salah satu sarana transportasi yang dinilai paling aman saat ini. Meskipun belakangan sering terjadi musibah.

Sebagaimana dilansir AirlineRatings.com pada 31 Mei 2016, maskapai dari seluruh dunia mengangkut 3,6 miliar penumpang, dengan 34 juta penerbangan pada tahun 2015. Situs penerbangan itu baru saja merilis daftar penerbangan teraman. Terpilih lah 20 maskapai dari 407 operator penerbangan yang ada di seluruh dunia.

Untuk mengkompilasi daftar, website melakukan evaluasi setiap maskapai bersama dengan regulator internasional, dengan melihat rekor kecelakaan selama 10 tahun terakhir.

Maskapai penerbangan di daftar ini lulus tes tersebut. Sejumlah operator dari Asia, Amerika Utara, Australia dan Eropa masuk di dalamnya. Sayangnya belum ada maskapai penerbangan dari Indonesia.

Maskapai penerbangan tersebut yaitu:

1. Qantas Australia
Maskapai ini telah berdiri selama 93 tahun, dan tidak memiliki catatan kecelakaan yang fatal sejak tahun 1951.

2. Virgin Atlantic
Berbasis Inggris Crawley, maskapai penerbangan ini adalah milik miliarder Richard Branson. Virgin Atlantic tidak pernah menderita kecelakaan fatal dalam sejarahnya.

3. United Airlines
Maskapai penerbangan yang berbasis di Chicago ini, melakukan penggabungan United dan Continental Airlines. Maskapai ini tidak pernah mengalami kecelakaan yang fatal lebih dari 20 tahun.

4. Swiss International Airlines
Maskapai ini  dibentuk pada tahun 2002 dari sisa-sisa Swissair yang bangkrut. Pada tahun 2007, maskapai ini menjadi bagian dari Jerman Lufthansa Group.

5. Scandinavian Airlines atau SAS
SAS saat ini menjabat sebagai maskapai penerbangan nasional Denmark, Norwegia, dan Swedia. Kecelakaan fatal terakhir maskapai terjadi pada tahun 2001, dan hingga saat ini tidak pernah ada lagi.

6. KLM
Didirikan pada tahun 1920, KLM adalah salah satu nama tertua dan terbesar di industri penerbangan. KLM belum memiliki peristiwa kecelakaan fatal dalam hampir 40 tahun.

7. Japan Airlines
Japan Airlines telah menjadi maskapai penerbangan nasional Jepang selama lebih dari 60 tahun. JAL belum memiliki kecelakaan fatal dalam lebih dari 30 tahun.

8. Hawaiian Airlines
Hawaiian Airlines berbasis di Honolulu, secara konsisten dianggap sebagai salah satu yang terbaik di Amerika Serikat. Maskapai ini tidak pernah mengalami kecelakaan fatal.

Komentar

Check Also

MCC GOWES DI HARI KEMERDEKAAN RI

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Dalam memaknai hari kemerdekaan RI ke 75, 75 orang anggota Makassar cycling …

Share This
Mediawarta