Kandole, Hantu Jahat yang Tak Kalah Ganas dari Valak

MEDIAWARTA.COM – Keseraman sosok Valak, setan dalam film The Conjuring 2 membuat banyak kisah hantu ataupun setan terkuat kembali. Meskipun hanya mitos ataupun cerita yang beredar dari bibir ke bibir, namun keseraman antara Valak dan sosok hantu di Tanah Air selalu menjadi bahan perbandingan.

Di Sulawesi, khususnya Sulawesi Tenggara, ada cerita terkait hantu yang sudah melegenda, yaitu Kandole. Kandole merupakan istilah yang diambil dari bahasa Tolaki, suku asli yang mendiami sebagian besar wilayah Sulawesi Tenggara, yang berarti hantu perempuan.

Sosok Kandole sendiri sebenarnya dapat disamakan Kuntilanak di daerah Jawa, Leak di Bali, serta Parakang dan Poppo di Sulawesi Selatan.

Konon, asal mula munculnya Kandole di daerah itu lantaran banyaknya penganiayaan dan pembunuhan terhadap kaum wanita di masa lalu. Ini menyebabkan banyak wanita yang mati secara mengenaskan.

Kematian mereka juga kebanyakan tidak wajar, seperti diperkosa terlebih dulu lalu dibunuh maupun bunuh diri karena malu setelah diperkosa. Jadi, itulah yang menyebabkan roh atau arwah wanita-wanita tersebut bergentayangan dan hanya mengganggu para pria.

Selain Kandole yang merupakan arwah gentayangan wanita yang mati mengenaskan tadi, dari cerita turun temurun penduduk setempat, Kandole juga dipercaya sebagai jin perempuan yang mendiami hutan-hutan yang ada di Sulawesi Tenggara.

Seperti juga manusia, bangsa jin juga mengenal adanya istilah kelompok atau suku tersendiri. Dalam versi ini, Kandole secara spesifik digambarkan sebagai kumpulan jin perempuan yang membuat kelompok tersendiri, dan tidak berkumpul dengan jin laki-laki.

Konon, untuk berkembang biak mereka menculik jin laki-laki untuk dijadikan suami. Apabila ada jin laki-laki yang mereka culik dan dijadikannya suami, para jin laki-laki itu akan tunduk dan patuh kepada Kandole.

Ini dapat terjadi mengingat jin laki-laki yang ditaklukkan itu berada di daerah kekuasaan jin perempuan yang bernama Kandole tersebut. Sehingga, dengan kekuasaan Kandole di Sulawesi Tenggara ini, maka umumnya jin laki-laki tunduk dan takluk terhadap mereka.

Jangankan jin laki-laki, bahkan manusia berjenis kelamin laki-laki juga sangat mudah dipermainkan Kandole. Sosok Kandole yang bisa berupa wujud menjadi wanita cantik berambut panjang ini sangat senang “menyerang” organ kelamin laki-laki.

Setiap diserang, biasanya korban mengalami orgasme. Tentu dapat dipastikan, jika sudah begitu pria yang diserang itu akan mati secara mengenaskan.

Percaya atau tidak, semua hal yang berhubungan dengan kisah mistis tersebut tergantung terhadap penalaran masing-masing pribadi.

Komentar

Check Also

Gubernur Nurdin Abdullah : Jadikan Pilkada 2020 Ajang Adu Program

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah mengingatkan semua Aparatur Sipil Negara (ASN) …

Share This
Mediawarta