Kapal Legendaris TNI AL KRI Dewaruci Bakal Berlabuh di Makassar

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – KRI Dewa Ruci, salah satu kapal legendaris milik TNI-AL yang sudah meraih banyak prestasi di belahan dunia bakal berkunjung ke Makassar.

Kedatangan kapal perang yang dinanti-nantikan banyak orang, rencananya akan sandar di Demaga Layang Mako Lantamal VI, Makassar, Kamis (9/6/2016) pagi.

Sekadar diketahui, KRI Dewaruci adalah kapal latih TNI AL yang sudah beroperasi selama 60 tahun dan sudah menelurkan ribuan perwira pengawal Nusantara. Kunjungan ke Makassar kali ini bisa saja menjadi kunjungan terakhir karena kapal ini akan dipensiunkan setelah kapal penggantinya tiba di Tanah Air.

Berdasarkan catatan sejarahnya, KRI Dewaruci dibuat pada 1953 dengan jenis Barquentinebcm dan diluncurkan pada 24 Januari 1953, merupakan hasil pabrikan HC Stulchen and Sohn Ship Yard Hamburg Jerman.

Tiipe kapal layar tiang tinggi dengan material besi dan kayu ini memiliki panjang maksimal sekitar 59,66 meter. Kapal tersebut diserahkan ke pemerintah Republik Indonesia pada 5 Agustus 1978, masuk TNI AL pada 9 Agustus 1978 dan saat ini berada di jajaran Satuan Kapal Bantu Komando Armada RI Kawasan Timur (Satban Koarmatim).

Kedatangan KRI Dewaruci dan kru, akan disambut Komandan Lantamal VI Laksamana Pertama TNI Yusup beserta staf dengan tradisi TNI AL.

Komandan Lantamal VI mengatakan, jumlah personel taruna dan taruni yang ambil bagian dalam latihan dan praktik ke Makassar berjumlah 40 orang, terdiri 33 taruna dan tujuh taruni angkatan ke-63.

Selain itu, kegiatan akan dilaksanakan Taruna-Taruni AAL tingkat II selama berada di Makassar, antara lain kunjungan kehormatan ke Komandan Lantamal VI dan Wali Kota Makassar , kunjungan ke SMA di Makassar dan sekitarnya, serta Taruna-Taruni AAL menerima kunjungan dari siswa-siswa SMA dan masyarakat (open ship) selama tiga hari di Kapal KRI Dewa Ruci, serta Ujian Akhir Semester (UAS) terkait navigasi astronomi  di atas kapal yang nantinya sandar di Dermaga Layang Mako Lantamal VI.

Singgih Wahyu Nugraha/Foto: Lantamal VI

Comment