Karet Penghapus 2 Warna, Kesalahan yang Dilakukan Hingga Puluhan Tahun

MEDIAWARTA.COM – Mungkin Anda tidak asing terhadap karet penghapus paling ikonik yang memiliki dua warna, biru dan oranye ini. Sewaktu TK atau SD dulu, bahkan SMA dan Perguruan Tinggi, pasti Anda menganggap jika warna biru pada penghapus itu untuk menghapus tinta pulpen. Eits, tunggu dulu karena sebenarnya itu salah.

Ya, salah. Pasalnya, warna oranye pada karet penghapus itu memiliki tekstur yang lebih lembut, sementara yang warna biru memiliki tekstur yang lebih kasar. Ketika warna biru pada karet penghapus digunakan untuk menghapus tinta pulpen, tak jarang kertas tempat Anda menulis malah sobek atau bolong.

Tentu itu membuktikan kalau bagian biru pada karet penghapus ini bukan untuk menghapus tinta pulpen. Lalu, apa sebenarnya fungsi warna biru pada karet penghapus ini?

Dikutip dari berbagai sumber, ternyata warna biru pada karet penghapus tersebut digunakan untuk menghapus tulisan pensil pada kertas yang kasar seperti karton dan lain-lain. Sebab, jika harus menggunakan karet penghapus yang berwarna oranye maka harus membutuhkan tenaga ekstra dan butuh waktu lama untuk menghapusnya.

Jadi, warna biru penghapus ini bukan sama sekali untuk menghilangkan tinta pulpen di kertas, melainkan digunakan khusus untuk menghapus bekas coretan pensil di kertas yang memiliki tekstur kasar.

Aduh, kesalahan ini bahkan sudah berlangsung puluhan tahun bagi orang-orang yang belum mengerti fungsi masing-masing warna pada karet penghapus dua warna ini.

Komentar

Check Also

MCC GOWES DI HARI KEMERDEKAAN RI

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Dalam memaknai hari kemerdekaan RI ke 75, 75 orang anggota Makassar cycling …

Share This
Mediawarta