Kementerian Agama Tetapkan Puasa Pertama Senin Besok

MEDIAWARTA.COM, BARRU – Berdasarkan pengamatan hilal di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel), hilal tidak terlihat langsung. Itu karena terhalang mendung. Proses rukyat tersebut dilakukan Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Sulsel bekerja sama dengan Badan Hisab Rukyat (BHR) Sulsel dan BMKG Makassar, Minggu (5/6/2016) sore.

Akan tetapi, bberdasarkan hisab yang dilakukan di tempat, hilal telah berada dalam posisi 3 derajat 26 menit. Hasil ini sudah melewati ketentuan pemerintah, yaitu batas minimal penentuan 1 Ramadan, atau hari pertama puasa adalah 2 derajat.

Berdasarkan hal tersebut, Kepala Kanwil Kemenag Sulsel Abd Wahid Thahir melalui humasnya, Wardy Siradj, menyatakan 1 Ramadan 1437 H, atau hari pertama puasa Ramadan tahun ini jatuh pada Senin (6/6/2016) besok.

Pengamatan hilal yang dilakukan Kanwil Kemenag Sulsel di Barru menghadirkan beberapa ahli falaq dari BMKG, UMI, UIN Alauddin, dan beberapa tokoh dari sejumlah organisasi Islam di Sulawesi Selatan.

Komentar

Check Also

BMW Astra Jamin Keselamatan Pelanggan Dengan Kamera Pemindai

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Sejalan dengan protokol kesehatan untuk memberikan kenyamanan, keamanan, dan kemudahan bagi pelanggan, …

Share This
Mediawarta