Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Bosowa Bakal Belajar di Negara Asean

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Riska Pratiwi Sahrum, mahasiswa Teknik Kimia Universitas Bosowa (Unibos) angkatan 2013, terpilih mewakili Indonesia dalam Indonesian Youth Dream.

Riska menjadi 35 pemuda terbaik yang terpilih dari 1.688 pendaftar dari seluruh Indonesia yang berhak mengikuti kegiatan International Society: Think Asean Program 2016.

Kegiatan ini merupakan kegiatan berbasis global experience learning bekerja sama beberapa universitas, institusi, lembaga, dan Non-Government Organization (NGO) di lima negara anggota Asean, Singapore, Malaysia, Thailand, Kamboja, dan Vietnam.

“Di sana, kami akan mengunjungi kampus, belajar di Google Office Asean yang berbasis di Singapura, dan belajar entrepreneurship di GSSE Institute Thailand, Leadership di berbagai NGO di Malaysia dan Vietnam, dan belajar budaya sosial di Thailand,” ungkap Riska.

Selain belajar dari masayarakat lokal di berbagai negara, Riska dan delegasi lainnya juga akan berkunjung ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di masing-masing negara yang dikunjungi, dan bertemu serta berdiskusi bersama pelajar Indonesia yang tersebar di negara-negara tersebut.

Kegiatan yang akan digelar mulai 20 Juli-2 Agustus 2016 mendatang, telah mengadakan proses seleksi sejak 15 April-25 April 2016 lalu.

Riska menuturkan, pencapaiannya saat ini diraih dengan berbekal esai yang digunakannya untuk menyampaikan pandangannya tentang Asean dan menggambarkan dirinya serta pikirannya dalam memberikan kontribusi lebih selama dan setelah program ini berlangsung.

“Saya mengikuti seleksi ini, agar bisa lebih aktif belajar di dunia internasional  sehingga wahana pengetahuan saya bisa lebih luas,” ujar Risna.

Senada penuturannya, kegiatan ini dirancang khusus untuk memfasilitasi generasi muda Indonesia agar memiliki perspektif dan wawasan yang luas tentang kondisi serta dunia global dengan belajar secara langsung dari negara-negara Asean.
Riska telah memperoleh dukungan dari berbagai pihak. Baik secara moril maupun materil.

“Dukungan dari Founder Bosowa HM Aksa Mahmud, Universitas Bosowa, serta Wali Kota Makassar dalam bentuk materil, serta banyak dukungan moril dari lingkungan di sekitar membuat saya jadi lebih semangat,” ungkap Risna.

Mewakili universitas, Wakil Rektor III Unibos mengungkapkan harapannya agar semakin banyak mahasiswa Unibos yang mengibarkan bendera universitas di kancah nasional bahkan internasional.

“Harapannya, setiap prestasi dari mahasiswa kita bisa menjadi stimulus bagi mahasiswa-mahasiswa lainnya,” tuturnya.

Sepulang dari kegiatan ini nantinya, Riska mengungkapkan, 35 delegasi ini akan membuat buku yang berisi tentang pengalaman mereka. Buku ini akan dijadikan rekomendasi strategis untuk perancangan program Kementrian Pemuda dan Olahraga. “Karena aktif di berbagai organisasi, saya juga akan secara aktif menyebarkan informasi mengenai kegiatan ini,” tutupnya.

Nurizatti/Foto: Istimewa

Comment