Memilih Makanan Sahur yang Sehat Sebelum Berpuasa

Makan sahur sebelum melaksanakan ibadah puasa, sangat dianjurkan agama Islam. Gunanya agar tetap kuat dan tidak loyo seharian. Sayangnya, sebagian orang salah saat ingin memilih menu makanan sahur yang akan disantap.

Pilihlah makanan untuk sahur, yang cukup mengandung karbohidrat serta protein. Terutama protein nabati juga hewani. Sebagai lauk pauk, Anda bisa memilih daging atau ikan.

Saat sahur, kurangi makanan-makanan berlemak, seperti gorengan atau kuah santan. Karena makanan tersebut akan berat untuk dicerna tubuh. Bila sudah demikian, tubuh Anda akan banyak mengeluarkan cairan, hasilnya Anda akan lebih cepat mengalami dehidrasi.

Disarankan untuk mengonsumsi ikan. Karena banyak mengandung EFA ( Essential Fatty Acid) dalam bentuk Omega 3.

Untuk bisa terhindar dari dehidrasi selama puasa, minum air putih sesering mungkin saat sahur, berbuka dan jeda waktu antara buka dan sahur. Air juga merupakan sumber energi.

Hindari makanan manis, karena hanya cocok untuk menu berbuka puasa. Kebanyakan makan manis ketika sahur, akan membuat tubuh lebih cepat merasa lapar di siang hari. Makanan manis memang berguna untuk memberikan energi, namun tidak untuk jangka waktu yang lama.

Berbagai sumber vitamin bisa didapatkan dari berbagai buah. Untuk sahur, apel dan anggur cukup ringan Anda konsumsi. Namun ingat, jangan makan berlebih.

Komentar

Check Also

Gatros Manjakan Lidah Pengunjung Sepanjang Bulan Januari

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Gastros hadir dengan promo Buy 1 get 1 dan Toast Temptation, yang …

Share This
Mediawarta