Menopause Dini Bisa Turunkan Gairah Seks

MEDIAWARTA.COM – Terjadinya menopause dini pada wanita, yang terjadi lebih awal dari usia seharusnya, bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Menopause dini juga merupakan pertanda adanya beberapa penyakit dalam tubuh.

Gejala menopause biasanya dimulai dari beberapa gangguan, seperti susah tidur karena pada malam hari tubuh mengeluarkan banyak keringat. Menopause dini juga bisa menurunkan gairah seks, atau paling tidak jika berhubungan badan bersama pasangan tidak akan merasa nyaman. Pasalnya, penetrasi akan menyebabkan rasa nyeri pada vagina. Ini bisa terjadi karena vagina sudah menurunkan tingkat kelembapannya.

Bukan hanya tingkat kelembapan vagina yang akan berkurang, tetapi tingkat kelembapan kulit juga akan berkurang sehingga menyebabkan kulit menjadi lebih kering.

Menopause dini dapat menurunkan produksi hormon, sehingga rambut akan rapuh dan lama kelamaan akan rontok. Selain itu, menopause dini bisa menyebabkan obesitas atau peningkatan berat badan yang tak terkontrol. Oleh karena itu, sebaiknya berusaha mencegah menopause dini.

Pencegahan menopause dini bisa dengan menjaga kesehatan tubuh. Caranya,  tidak merokok. Pasalnya, rokok akan mengganggu produksi hormon sehingga efeknya bisa mengurangi hormon dalam tubuh. Makanya, sebaiknya berhenti merokok karena kurang bagus untuk kesuburan wanita.

Pencegahan menopause di usia produktif, bisa juga dengan berolahraga. Dengan berolahraga, aliran darah bisa berjalan baik. Hasilnya, semua organ tubuh bisa difungsikan  normal. Begitu juga tubuh, bisa memproduksi hormon secara baik. Jika hormon diproduksi baik dan normal, maka tidak akan ada gangguan menstruasi ataupun menopause dini.

Untuk menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh agar dapat berfungsi baik, bisa makan makanan sehat. Asupan nutrisi dari makanan sehat, baik untuk tubuh sehingga ini akan membuat tubuh dapat memproduksi hormon secara lancar.

Menopause dini juga dapat terjadi lantaran berat badan yang berlebih. Untuk mencegahnya, bisa menjaga berat badan. Cara menjaga berat badan yang baik bisa dengan mengontrol asupan makanan dan hindari makanan berlemak jenuh.

Novianti/Foto: Istimewa

Komentar

Check Also

Halodoc Sediakan Akses Layanan Telekonsultasi Gratis & Penawaran Spesial Tes COVID-19 Di Hari Kemerdekaan RI

MEDIAWARTA.COM, JAKARTA – Halodoc, perusahaan teknologi penyedia akses layanan kesehatan terlengkap, berupaya membantu pemerintah dalam …

Share This
Mediawarta