Minum Air dalam Jumlah Banyak, Menjaga Kesehatan Ginjal, Benarkah?

MEDIAWARTA.COM – Banyak pakar mengatakan, salah satu cara menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mengkonsumsi air dalam jumlah yang cukup setiap hari, yakni sekitar 1,5 hingga 2 liter.

Dengan air yang cukup, tubuh kita diyakini akan terbebas dari masalah dehidrasi. Berbagai sistem dalam tubuh pun akan berjalan dengan baik. Selain itu, organ ginjal juga akan menjadi semakin lancar melakukan fungsinya, saat membuang berbagai racun keluar dari tubuh.

Salah satu rahasia menjaga kesehatan yang banyak didengungkan oleh berbagai pakar kesehatan di banyak tempat adalah dengan mengkonsumsi air dengan jumlah yang cukup setiap hari, yakni sekitar 1,5 hingga 2 liter.

Yang menjadi pertanyaan, apakah kita harus banyak minum air, demi menjaga kesehatan ginjal kita?

Dilansir oleh laman dokter sehat.com, pakar kesehatan dr. Tunggul D. Situmoran, SpPD menyatakan, setiap hari kita akan mengeluarkan air seni atau urin sebanyak 1 hingga 1,5 liter. Jika dikonversikan dalam ukuran gelas, urin ini bisa mencapai tujuh gelas. Karena kita tinggal di negara beriklim tropis, maka disarankan mengkonsumsi air putih 8 gelas setiap harinya.

Menurut dr. Tunggul, sebenarnya sebenarnya jumlah air minum yang kita konsumsi sebaiknya disesuaikan dengan banyaknya aktivitas tubuh. Tidak perlu terlalu khawatir tubuh kekurangan cairan, asalkan kita memahami kebutuhannya.

Dr. Tunggul menyebutkan, tubuh secara alami memberikan sinyal haus jika kekurangan asupan cairan. Sehingga kita sebaiknya segera meminum air putih.

Hal ini berarti, jika kita mengkonsumsi banyak air minum setiap hari, dengan tujuan menjaga kesehatan ginjal, sepertinya kurang tepat. Jumlah air yang terlalu banyak justru bisa membebani ginjal untuk melakukan fungsi utamanya, membuang racun dari tubuh.

Kesehatan ginjal justru akan bisa terjaga, jika kita meminum air dengan jumlah yang cukup. Dr. Tunggul menyebutkan, delapan gelas sehari sudah sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal kita.

Comment