Perwakilan dari Badan Regulator Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Agung Harsno (kanan-kiri) GM Network Enginering and Program Area Pamauska Telkomsel Noviandri, Engineer Integrated Service Asurance and Network Qualiti Expert Dennis Saputra dan Manager Branch Makassar Andi Reza menjelaskan tentang hasil uji layanan signal Telkomsel saat Ramadan dan menyambut Idul Fitri di Sunachi Restaurant, Lt 1 Hotel Grand Clarion, Jalan AP Pettarani, Makassar, Jumat (10/6/2016)

Network Drive Test 2016: Jaringan Telkomsel Siap Layani Pelanggan Selama Ramadan-Lebaran

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Telkomsel kembali mengadakan network drive test atau uji coba jaringan bersama media untuk memastikan kesiapan jaringannya jelang Ramadan dan Idul Fitri 1437 Hijria.

Uji coba dilakukan di jalur Inner City Makassar rute Pelabuhan, Karebosi, Terminal Daya, dan Bandara Sultan Hasanuddin. Di jalur tersebut, kesiapan jaringan Telkomsel tercatat prima. Selain di Makassar, rangkaian Telkomsel network drive test juga dilaksanakan di berbagai jalur lainnya, seperti Jakarta-Surabaya, Sumatera, dan Kalimantan menggunakan rute darat dan kereta api, sehingga secara total uji kesiapan jaringan ini mencakup jarak 10.921 kilometer.

Vice President ICT Area Pamasuka, Ali Imran, mengatakan, masa Ramadan dan Lebaran merupakan momen spesial bagi masyarakat Indonesia. Untuk itu, Telkomsel ingin memastikan seluruh layanannya berfungsi baik dan dapat memenuhi kebutuhan komunikasi pelanggan. Terlebih dengan hadirnya layanan Internet cepat Telkomsel 4G LTE yang juga telah tersebar pada 100 kota kabupaten.

“Kami harap, ini semakin menambah kenyamanan pelanggan saat berkomunikasi saat Ramadan dan Idul Fitri,” ungkapnya di Jakarta, Jumat (10/6/2016).

Ali menambahkan, kualitas jaringan merupakan prioritas utama Telkomsel dalam bagi pelanggan. Untuk itu, serangkaian persiapan menjelang Ramadan dan Lebaran telah dilakukan sejak jauh hari, bahkan termasuk dalam agenda program True Broadband Experience (Trubex) yang diinisiasi sejak 2015.

Hal ini diharapkan akan menjaga ketersediaan jaringan, kualitas, dan berfungsinya layanan Telkomsel secara prima di berbagai jalur dan lokasi yang akan dipadati pemudik maupun wisatawan.

Selama Ramadan dan Lebaran, khususnya di masa mudik dan pada saat Lebaran tahun ini, Telkomsel memprediksi akan terjadi lonjakan trafik komunikasi pada daerah jalur mudik dan tujuan wisata dibandingkan trafik di hari biasa. Lonjakan trafik akan terjadi pada layanan SMS antara lima persen hingga 15 persen mencapai 930 juta SMS, dan layanan data yang bakal melonjak naik antara 15 persen hingga 25 persen menembus 2.700 Terabyte.

Untuk regional Sulawesi, lonjakan trafik akan terjadi pada layanan voice yang mencapai 219 juta menit, layanan data naik sekitar 20 persen menembus 253 Terabyte, dan layanan SMS diperkirakan mencapai 41 juta SMS.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Telkomsel mengoptimalisasi jaringan, seperti menjaga ketersediaan Visitor Location Register (VLR) atau kecukupan kapasitas daya tampung pelanggan. Di sepanjang jalur utama mudik di Sulawesi telah disediakan kelonggaran sebesar 55 persen.

Telkomsel juga telah mengidentifikasi 809 hotspot atau Point of Interest (POI) yang meliputi bandar udara, terminal bus, stasiun kereta, dermaga, rumah sakit, area padat populasi, pasar tradisional, dan mal. Di lokasi ini,  diprediksi akan mengalami lonjakan komunikasi yang cukup tinggi pada Ramadan dan Lebaran.

Untuk memaksimalkan kapasitas di lokasi-lokasi tersebut, terdapat 69 POI di Sulawesi telah disiapkan melayani komunikasi pelanggan secara maksimal dan menyiagakan 90 unit combat yang disebar di seluruh Sulawesi.

Di sisi lain, sepanjang tahun Telkomsel terus menggelar pembangunan BTS (Base Transceiver Station) di berbagai daerah Indonesia, yang diharapkan juga akan mendukung primanya jaringan selama masa Ramadan dan Lebaran.

Pada periode Lebaran, pelanggan Telkomsel akan dilayani 116 ribu BTS di berbagai pelosok Tanah Air, sekitar 57 persen di antaranya merupakan BTS broadband (3G dan 4G) yang mampu melayani bandwidth internet sebesar 776 Giga bit per second (Gbps). Khusus di Sulawesi Telkomsel telah memiliki lebih dari 13.950 BTS yang terdiri dari 6440 BTS 2G, 7.089 BTS 3G, dan 431 4G untuk melayani lebih 15 juta pelanggan.

Effendy Wongso/Foto: Ahmad Alia

Komentar

Check Also

Peringati Hari Ozon, AHM Dukung Aktivis Lingkungan dengan 1.000 Sembako

MEDIAWARTA.COM, JAKARTA – Bertepatan dengan peringatan Hari Ozon sedunia, PT Astra Honda Motor (AHM) membagikan …

Share This
Mediawarta