Pantai Liang Kareta, Surga Bagi Para Wisatawan

MEDIAWARTA.COM, SELAYAR- Kepulauan Selayar adalah kabupaten yang wilayahnya dikelilingi lautan luas dan mayoritas wilayahnya adalah daerah pesisir. Kabupaten ini memiliki keunikan tersendiri yaitu satu-satunya kabupaten di Sulawesi-Selatan yang seluruh wilayahnya terpisah dari daratan Sulawesi dan terdiri dari beberapa gugusan pulau sehingga membentuk suatu wilayah kepulauan. Daerah yang merupakan kepulauan menjadikan Selayar memiliki banyak pesona wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Pulau yang dikelilingi lautan tentunya memilikinya obyek wisata yang mayoritas wisatanya berada di pesisir pantau atau wisata laut. Salah satu wilayah pantai yang tidak kalah indahnya dengan pantai lainnya adalah Pantai Liang Kareta. Pantai ini terletak di sebelah Selatan Pulau Gusung tepatnya di Desa Bontoborusu, Kecamatan Bontoharu, Kabupaten Kepulauan Selayar. Pantai ini ditempuh sekitar 20 Menit dengan menggunakan perahu dan berjarak sekitar delapan kilometer dari Ibu Kota Selayar, yaitu Kota Benteng.

Pantai ini terkenal dengan nama Liang Kareta karena lokasinya berbentuk cekungan ke dalam dari pesisir pantai lainnya. Beberapa cekungan juga terdapat di wilayah pesisir pantai sekitar Pantai Liang Kareta. Di ujung cekungan ke dalam terdapat bebrapa gua yang biasa dijadikan tempat beristirahat para wisatawan.

mediawarta-liang-kareta-selayar

Hamparan pasir putih yang membentang sekitar 100 meter membuat Pantai Liang Kareta jadi sangat terkenal. Pasir putih tersebut menandakan jernihnya air laut sehingga banyak wisatawan melakukan snorkeling, diving, swimming, dan sebagainya. Selain itu, pesisir pantai yang masih bersih sangat bagus digunakan sebagai tempat kemping dan piknik.

mediawarta-liang-kareta-selayar-2

Pemandangan di sore hari pun sangat eksotis karena matahari sore saat cerah memberikan keindahan yang menarik. Daerah ini juga cocok bagi beberapa fotografer yang suka mengabadikan momen lanskap dan foto undewater

Penulis : Andi Asrul Ashari
Foto : Andi Asrul Ashari/adhinoise

Komentar

Check Also

Lomba foto Telkomsel Ramadan In Frame jilid 2

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Salah satu upaya  “Telkomsel Berbagi Membangun Negeri” ialah dengan memberikan sumbangsih positif …

Share This
Mediawarta