Pascasarjana Universitas Bosowa Beri Keistimewaan bagi Alumninya

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Program pascasarjana Universitas Bosowa (Unibos) memberikan keistimewaan bagi para alumni terbaiknya untuk bisa melanjutkan studi magister di bawah payung perguruan tinggi yang sama.

Direktur Pascasarjana Unibos, Sukmawati mengungkapkan, keistimewaan yang diberikan kepada para alumni Unibos adalah pembebasan biaya daftar, uang pangkal, dan SPP bagi setiap alumni terbaik tingkat universitas, sementara untuk peringkat satu hingga tiga di setiap fakultas akan diberikan potongan biaya masing-masing 50 persen untuk SPP dan BPP.

“Hal ini kami lakukan sebagai bentuk apresiasi pascasarjana Unibos untuk bibit-bibit unggul yang lahir dari kampus ini,” ungkapnya kepada MediaWarta di Kampus Unibos, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Selasa (14/6/2016).

Ia menegaskan, hal ini berlaku untuk seluruh angkatan baik setelah maupun sebelum Universitas 45 berubah nama menjadi Unibos.

Menurut Sukmawati, pengalihkelolahan hingga pada kebijakan perubahan nama universitas yang dilakukan, tidak memberikan perbedaan perlakuan untuk para alumninya saat masih bernama Universitas 45 dengan saat ini ketika bernama Unibos. Perlakuan khusus ini diperuntukkan bagi semua.

Sejak mulai menerima mahasiwa baru pada 1986, Universitas 45 hingga Unibos saat ini telah melahirkan ribuan bibit unggul yang telah berkarier di berbagai sektor.
Saat ini, pascasarjana Unibos menyediakan program magister Perencanaan Wilayah Kota, Magister Ilmu Hukum, Magister Manajemen, Magister Budidaya Perairan, dan Magister Administrasi Negara.

Setelah alih kelola dilakukan dari Yayasan Andi Sose ke Yayasan Aksa Mahmud pada Agustus 2013 lalu, berbagai pembenahan telah dilakukan. Termasuk, melakukan reakreditasi untuk dua jurusan yang masih berakreditasi C, yaitu Magister Manajemen dan Magister Administrasi Negara telah dilakukan.

Dengan pembenahan-pembanahan di berbagai aspek, jumlah peminat program magister Unibos terus meningkat. “Hal ini juga tidak lepas dari kerja sama yang dilakukan dengan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat yang terus diperkuat,” beber Sukmawati.

Sementara itu, Wakil Direktur Pascasarjana Unibos, Munawar Yantahin, menambahkan, selain peningkatan kerja sama yang terus digalakkan, target jangka pendek yang akan dilakukan pascasarjana adalah menyiapkan program S3 untuk dua prodi, yaitu Pengembangan Wilayah Kota dan Ilmu Hukum. Sementara, untuk jangka panjang hingga 2018 mendatang, adalah membuka program S3 untuk Administrasi Negara dan Manajemen.

“Selain itu, selaras visi dan misi Unibos, maka target yang juga ingin diraih adalah pengintegrasian sistem akademik terhadap sistem pemusatan secara online dengan lebih optimal,” tutupnya.

Nurizatti/Foto: Istimewa

Komentar

Check Also

MCC GOWES DI HARI KEMERDEKAAN RI

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Dalam memaknai hari kemerdekaan RI ke 75, 75 orang anggota Makassar cycling …

Share This
Mediawarta