Penyambutan KRI Dewaruci di Lantamal VI Berlangsung Meriah

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Komandan Lantamal VI Laksamana Pertama TNI Yusup, didampingi Ketua Jalasenastri Korcab VI, Endang Yusup menyambut langsung kedatangan Taruna-Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat II Angkatan ke-63 Tahun 2016 di Dermaga Layang Mako Lantamal VI, Makassar, Kamis (9/6/2016).

Upacara penyambutan berlangsung sangat meriah, dimulai saat KRI Dewaruci memasuki area Dermada Layang Lantamal VI Makassar disambut lambaian tangan dari masyarakat Ujung Tanah Makassar yang menunggu di Pelabuhan Paotere yang diiringi alunan musik dari tim Satsik Lantamal VI.

Setelah KRI Dewaruci merapat di dermaga, Taruna-Taruni AAL disambut tarian Paduppa (tarian penyambutan khas Sulsel) dan pengalungan bunga kepada Komandan KRI Letkol Laut (P) W Baruno Aji.

Dalam sambutannya di atas geladak KRI Dewaruci, Komandan Lantamal VI Laksamana pertama TNI Yusup, mengucapkan selamat datang di Makassar yang indah ini, harus tetap semangat meskipun sedang melaksanakan ibadah Puasa dan padatnya kegiatan.

Latihan Praktik (Lattek) Pelayaran Navigasi Astronomi Taruna-Taruni AAL ini diikuti 40 orang menggunakan KRI Dewaruci yang dikomandani Letkol Laut (P) W Baruno Aji dan Palatlak Taruna-Taruni Mayor Laut (P) Hariono ini, mengarungi Laut Jawa dengan rute Surabaya-Kotabaru-Makassar-Surabaya yang akan ditempuh selama 10 hari. Peserta Lattek Pelayaran Navigasi Astronomi tersebut terdiri 33 Taruna dan tujuh Taruni Korps Pelaut.

Pelayaran Navigasi Astronomi Taruna-Taruni AAL ini merupakan praktik yang sesungguhnya agar para Taruna-Taruni dapat melaksanakan dengan baik sesuai pelajaran teori yang telah diterima di kelas.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan Taruna-Taruni AAL tingkat II selama berada di Makassar adalah kunjungan kehormatan kepada Komandan Lantamal VI dan Wali Kota Makassar, kunjungan ke SMA 21 Makassar, serta menerima kunjungan dari siswa SMA dan masyarakat (open ship) selama tiga hari di Kapal KRI Dewa Ruci, serta Ujian Akhir Semester (UAS) tentang Navigasi Astronomi di atas kapal yang sedang sandar di Dermaga Layang Mako Lantamal VI.

Turut hadir dalam penerimaan Taruna AAL, para Asisten Danlantamal VI, para Kasatker dan Kadis Lantamal VI, pengurus Jalasenastri Korcab VI, serta segenap panitia penerimaan kunjungan Lattek Taruna-Taruni AAL Tingkat II Angkatan ke-63 Tahun 2016.

Singgih Wahyu Nugraha/Foto: Lantamal VI

Komentar

Check Also

MCC GOWES DI HARI KEMERDEKAAN RI

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Dalam memaknai hari kemerdekaan RI ke 75, 75 orang anggota Makassar cycling …

Share This
Mediawarta