Peringati Hari Lingkungan Hidup, Hino Gelar Berbagai Kegiatan CSR

MEDIAWARTA.COM, PURWAKARTA – Menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Hino Indonesia menggelar serangkaian kegiatan corporate social responsibility (CSR). Sebagai acara puncak, Jumat (3/6/2016) lalu, Hino memberikan 50 unit alat pembuat lubang biopori kepada kelurahan, kecamatan, desa, sekolah, dan Puskemas yang ada di Kabupaten Purwakarta.

Alat-alat pembuat lubang biopori tersebut diserahkan secara simbolis Executive General Manager PT Hino Motors Manufacturing Indonesia Bagas Krishnamurti, kepada Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Purwakarta Nana Mulyana, dan kepada masing-masing perwakilan penerima bantuan.

“Kami berharap agar kegiatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini memberikan dampak yang baik bagi lingkungan serta meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama perangkat desa dan sekolah agar terus merawatnya,” ujar Bagas dalam sambutannya.

Menurut Bagas, Hino merupakan perusahaan yang peduli lingkungan dan akan terus memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui kegiatan CSR.

Sementara itu, Mulyana menambahkan, manusia hidup dalam alam semesta sehingga manusia wajib menjaga lingkungannya agar tetap lestari. Lingkungan yang sehat dan terjaga kelestariannya, bakal menciptakan manusia yang sehat dan lingkungan yang terjaga dari bencana alam seperti polusi, banjir, dan tanah longsor.

Ia mengimbau, warga dapat mempergunakan alat pembuat lubang biopori ini sebaik-baiknya. “Satu lubang tidak akan membuat perbedaan, buatlah sedikitnya 100 lubang agar dapat meningkatkan kesuburan tanah, mencegah banjir, meningkatkan deposit air tanah, dan mencegah tanah longsor,” pesan Mulyana kepada peserta yang hadir.

Sebelumnya, Hino juga melakukan beberapa kegiatan CSR lainnya yang berkaitan sektor pendidikan dan pelestarian lingkungan hidup. Pada Rabu (1/6/2016) lalu misalnya, Hino memberikan satu unit chassis truck Hino Dutro, satu unit beam, satu unit harness, dan satu unit stop lamp kepada SMK Tri Mitra Karawang untuk dipergunakan sebagai alat praktikum.

Selanjutnya, pada Kamis (2/6/2016), Hino menyumbangkan enam unit komputer bekas layak pakai, 20 unit meja kantor bekas layak pakai, dan 20 unit kursi bekas layak pakai kepada SMP PGRI 393 Palasari, Tangerang. Sebagai penutup, pada Jumat (3/6/2016) lalu, Hino memberikan enam unit komputer bekas layak pakai kepada SMKN 1 Plered Purwakarta.

Dengan adanya bantuan tersebut, Hino berharap agar peserta didik dapat meningkatkan keterampilannya dalam bidang teknik otomotif dan komputer. Pasanya, semakin menguasai alat-alat praktik tersebut, peserta didik otomatis siap terjun ke dunia industri.

Perusahaan memerlukan tenaga-tenaga terampil yang siap pakai. Sementara, meja dan kursi bekas layak pakai diberikan kepada SMP PGRI 393 Palasari Tangerang adalah untuk menggantikan meja dan kursi tempat belajar praktik komputer dan meja dan kursi guru yang sudah usang untuk menciptakan lingkungan belajar mengajar yang lebih nyaman.

Selain sebagai bentuk dukungan terhadap dunia pendidikan, kegiatan CSR ini ditujukan untuk menerapkan prinsip reduce, reuse, recycle (3R). Alangkah lebih bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan hidup apabila barang layak pakai yang sudah tidak dipergunakan di Hino dapat dimanfaatkan pihak yang membutuhkan.

Comment