Sharp Pamerkan Ponsel Robot Canggih Robohon di Indonesia

MEDIAWARTA.COM, BALI – Setelah resmi diluncurkan di Jepang pada 26 Mei 2016, PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) secara perdana memamerkan ponsel robot canggih pertama di dunia besutan Sharp bernama Robohon ke Indonesia di hadapan ratusan dealer dalam acara Sharp Dealer Convention 2016 pada 2-3 Juni 2016 di Nusa Dua, Bali.

Ponsel pintar berwujud robot imut ini pun sukses “mencuri” perhatian para dealer berkat keunikan teknologinya dalam menggabungkan fungsi-fungsi smartphone modern dengan kemampuan komunikasi layaknya asisten virtual super cerdas.

Di acara ini, Robohon menyapa langsung para rekan dealer Sharp dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, memperkenalkan diri, berjalan, menerima panggilan, memotret, dan memproyeksikan hasilnya. Selain itu, robot ini juga bisa menari, mengucapkan terima kasih dan selamat tinggal, serta atraksi-atraksi memukau lainnya.

Tidak hanya mampu menjalankan tugas-tugas umum ponsel pintar seperti membuat panggilan hingga mengirim atau menerima pesan singkat dan surat elektronik, Robohon juga dibekali sistem kecerdasan buatan khusus yang ahli dalam mendeteksi dan merespons perintah suara, bahkan ekspresi wajah penggunanya.

Sebagai robot humanoid, Robohon dapat bergerak seluwes manusia, seperti berjalan, duduk, melambaikan tangan untuk menyampaikan notifikasi seperti pesan atau panggilan masuk, juga menari.

Robot mini ini bahkan mampu pula membangunkan penggunanya sebagai alarm, menjadi pengingat, membacakan pesan, dan mengirimkan balasan sesuai yang didiktekan penggunanya, memotret si pengguna layaknya fotografer, serta menampilkan gambar maupun video pada dinding atau permukaan lain berkat proyektor yang ada pada keningnya.

“Kami gembira dapat memperkenalkan Robohon ke Indonesia, sekaligus bangga karena Indonesia menjadi salah satu negara pertama di Asean yang disinggahi Robohon setelah diluncurkan pekan lalu di Jepang,” ungkap President Director SEID, Fumihiro Irie.

Menurutnya, ponsel robot ini merupakan salah satu simbol dari kemajuan teknologi yang dimiliki Sharp, teknologi yang menggabungkan konsep Internet of Things dan Artificial Intelligence dengan mengedepankan aspek kecerdasan dan kasih sayang untuk memudahkan kehidupan manusia.

“Kami di Sharp menyebutnya sebagai Artificial Intelligence of Things (A lot). Kami yakin, kemampuan Sharp ini adalah bukti kami tidak pernah berhenti berinovasi. Inilah yang akan menjadi kekuatan dalam menyuguhkan kecanggihan teknologi masa depan ala Jepang ke seluruh dunia termasuk Indonesia, serta terus menjadi pelopor di industri elektronik dunia dan Tanah Air,” papar Fumihiro.

Robohon memiliki ukuran imut, tidak sampai 20 sentimeter dan hanya berbobot 390 gram. Ponsel robot ini dilengkapi layar sentuh kecil dua inci di bagian punggungnya dengan resolusi 320 kali 240 piksel berprosesor Snapdragon 400. Berjalan dengan sistem operasi Android 5.0 Lollipop, mobile robot phone ini telah memiliki konektivitas jaringan wifi, 4G LTE, dan 3G.

Mengenai kemungkinan Robohon untuk dilepas ke pasaran Indonesia, Irie menyatakan hingga saat ini SEID belum merencanakan hal tersebut. “Selain dibanderol cukup mahal 1.800 dolar AS, dibutuhkan sistem komputasi awan yang matang dan perencanaan mobile subscription untuk dapat memaksimalkan penggunaan Robohon di Indonesia.

“Namun, kami akan terus memantau kesiapan dan perkembangan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia. Sambil menunggu saat itu tiba, tentu kami akan terus mendampingi masyarakat melalui beragam inovasi teknologi berkualitas Jepang yang dibenamkan pada produk-produk home appliances lainnya di Tanah Air,” tutup Fumihiro.

Haykel Iswandi/Foto: Sharp Indonesia

Komentar

Check Also

Peringati Hari Ozon, AHM Dukung Aktivis Lingkungan dengan 1.000 Sembako

MEDIAWARTA.COM, JAKARTA – Bertepatan dengan peringatan Hari Ozon sedunia, PT Astra Honda Motor (AHM) membagikan …

Share This
Mediawarta