Tim sepak bola Spanyol di Euro 2016

Spanyol Diprediksi Menjuarai Euro 2016

MEDIAWARTA.COM – Spanyol dinilai memiliki peluang besar untuk mencetak sejarah dengan mengangkat gelar juara Euro ketiga kali secara beruntun di Prancis.

Pertandingan perdana dalam event sepak bola terakbar di Benua Eropa ini belum juga dimulai, namun pesta bola kaki bertajuk Euro 2016 di Perancis, sudah memanas. Pertanyaan terus bergulir, baik di kafe, kantor, dan tempat keramaian lainnya, siapa negara paling berpeluang menjadi juara dalam edisi ke-15 tahun ini?

Melihat peta kekuatan yang ada dan perkembangan sepak bola dengan tingkat kompetisi yang tertatur, serta prestasi klub-klub di kancah Eropa, tidak terbantahkan jika Spanyol adalah negara yang paling kuat dan berpotensi besar tampil sebagai juara di Euro 2016.

Mengapa Tim Matador dianggap skuad terkuat di lapangan hijau, ini tidak terlepas dari perjalanan luar biasa kompetisi La Liga yang sangat alot. Jadi, lupakan hasil pertandingan persahabatan melawan Georgia, dengan kekalahan yang dianggap sangat memalukan saat tim identik seragam merah itu ditundukkan 1-0 tim berperingkat 137 FIFA di Stadion Alfonso Perez, Getafe, Madrid, Kamis (8/6/2016) lalu.

Jujur, hasil itu tidak bisa dijadikan sebuah ukuran, Spanyol akan terpuruk di Euro 2016. Kekalahan semacam itu perlu dialami tim-tim besar seperti Spanyol, sekaligus menyadarkan, mereka bukanlah tim yang tidak bisa dikalahkan siapapun. Georgia memberi pelajaran penting bagi tim asuhan Vicente Del Bosque sebelum fokus dan berjuang di Euro 2016.

Spanyol tengah mengejar hat-trick, tiga kali merebut gelar juara secara beruntun dalam kurun waktu 12 tahun sejak mereka memukul Jerman di final pada 2008. Ini akan jadi pelengkap untuk mencetak sejarah sebagai negara pertama yang dapat meraih empat gelar juara.

Gelar pertama direbut Spanyol pada 1964 di kandang sendiri dengan mengalahkan Uni Soviet (sekarang Rusia) di partai puncak. Hingga saat ini, tidak ada satu negara pun yang bisa membuat back-to-back di pentas Eropa selain Spanyol yang melakukannya di 2008 dan 2012.

Juara dunia 2014 Jerman boleh saja menjadi kekuatan di Eropa dengan prestasinya enam kali melaju ke final. Ditambah, tiga gelar juara yang mereka raih pada 1972, 1980, dan 1996. Di samping itu, mereka pernah tiga kali runner-up pada 1976, 1992, dan 2008. Namun, banyak pesimistis dengan kemampuan tim Panser untuk merebut gelar keempat di Euro 2016, khususnya mengalahkan Spanyol.

Komentar

Check Also

Tim Asal Makassar, Superbad FC Persiapan Tour Jakarta

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Tim non profesional asal Makassar, Superbad FC, melakukan persiapan jelang tournya ke …

Share This
Mediawarta