Tips Cegah Bau Mulut Saat Puasa

MEDIAWARTA.COM – Saat berpuasa, produksi air liur berkurang, karena kurangnya cairan yang masuk. Akibatnya bakteri dalam mulut berkembang biak dengan cepat, sehingga menimbulkan bau tidak sedap.

Bau mulut saat puasa, tentu membuat kita merasa tak nyaman. Apalagi ketika harus berinteraksi dengan orang-orang sekitar. Tapi jangan khawatir, Anda tidak perlu menjaga jarak atau menutup mulut saat berbicara. Dengan cara yang tepat Anda dapat menghilangkan bau mulut saat berpuasa, berikut tipsnya:

1. Minum Air Putih yang Cukup Saat Sahur dan Berbuka
Meminum air putih 8 gelas saat sahur dan berbuka dapat membantu menjaga produksi air liur dalam mulut, sehingga mulut terjaga kebersihannya. Tapi jangan membiasakan minum air banyak sekaligus, karena akan membuat perut kembung. Anda dapat menerapkan pola minum secara bertahap yaitu dua gelas saat sahur, dua gelas saat berbuka, dan empat gelas di malam hari.

2. Menggosok Gigi Dengan Baik dan Gunakan Obat Kumur
Sebagian orang mengira menggosok gigi atau berkumur akan memakruhkan puasa. Dilansir melalui muslimah.or.id bersiwak atau menggosok gigi justru dianjurkan di setiap waktu, baik saat tidak berpuasa maupun sedang berpuasa. Asal Anda yakin tidak ada air yang tertelan.

Jika khawatir dengan rasa pasta gigi, Anda dapat menggosok gigi dengan pasta gigi sebelum tidur malam hari dan setelah sahur. Sedang siang harinya cukup menggosok gigi tanpa pasta gigi. Menggosok gigi dan lidah dengan dengan sempurna penting untuk menghilangkan sisa makanan yang dapat membusuk dan menyebabkan bau tidak sedap.

3. Berolahraga Ringan Tiap Menjelang atau Sesudah Berbuka
Olahraga dapat melepaskan zat-zat beracun dalam tubuh termasuk penyebab bau pada pada mulut. Hindari tidur yang terlalu lama, karena saat tidur produksi air liur juga akan berkurang, hal ini akan memicu bau mulut yang tidak sedap.

Rezky Pratiwi

Komentar

Check Also

Halodoc Sediakan Akses Layanan Telekonsultasi Gratis & Penawaran Spesial Tes COVID-19 Di Hari Kemerdekaan RI

MEDIAWARTA.COM, JAKARTA – Halodoc, perusahaan teknologi penyedia akses layanan kesehatan terlengkap, berupaya membantu pemerintah dalam …

Share This
Mediawarta