Tips Memilih Ban Mobil yang Ideal

MEDIAWARTA.COM – Mobil juga memerlukan mutu ban yang terbaik sehingga laju mobil berjalan stabil dan mudah dikendarai. Anda harus mengetahui cara memilih ban yang benar karena mutu ban ditentukan kualitas karet dan keunikan kembang atau alur ban. Ini penting mengingat akan menjadikan putaran roda seimbang dan stabil.

Mutu ban jelek sering ditandai pengurangan tebal ban yang tidak rata, sehingga ada sebagian sisi luar ban yang mengalami penipisan secara cepat. Akihatnya, ini akan memicu timbulnya panas tidak merata sehingga menyebabkan kebocoran ban dalam, bahkan dapat menimbulkan pecahnya ban.

Hampir setiap pemilik kendaraan sering menghadapi masalah ketika datang ke tempat penjualan ban untuk memilih ban mobil yang awet dan sesuai kendaraan mereka. Hal ini terjadi karena ketidaktahuan terkait ban yang baik.

Kualitas dan kesesuaian ban untuk setiap jenis mobil perlu diperhatikan, sebab jika salah memilih dan menggunakan jenis ban, berakibat kurang baik dan bakal mengganggu perjalanan seseorang.

Ban berguna untuk membantu melajukan kendaraan. Selain itu, ban juga akan menjaga kestabilan dan goyangan kendaraan ketika melaju di jalan raya. Dengan mutu ban yang baik, minimal standar tentu akan menambah kenyamanan perjalanan seseorang.

Pilihlah jenis ban terbaik yang sesuai jenis yang direkomendasikan pabrikan mobil Anda. Pabrikan mobil telah melakukan uji coba yang serius ketika memilih jenis dan tipe ban. Meskipun pabrik mobil Anda tidak pernah merekomendasikan merek ban, tetapi hanya mencantumkan jenis dan kriteria ban yang disesuaikan  kondisi dan jenis mobil.

Ban Berbahan Sintetis

Pada umumnya, ban terbuat dari bahan utama karet namun seiring waktu dan juga faktor bisnis, sekarang ban berbahan karet mengalami penambahan bahan lain, khususnya bahan sintetis (plastik), tetapi tentu ini akan sedikit berpengaruh terhadap mutu ban tersebut.

Sebenarnya karet mempunyai sifat yang unik yang tak dimiliki bahan lainnya, termasuk plastik. Sifat karet elastis sehingga ketika mendapatkan ban bermutu kurang bagus, tentu ban tersebut kurang elastis, keras, dan kaku sehingga kurang nyaman digunakan.

Pengaruh Alur Ban

Jangan anggap remeh alur ban. Alur ban membantu daya pencengkeraman ban, sehingga jika Anda memasang ban alur terbalik, hal ini dapat mengurangi daya cengkeram ban, meskipun pada dasarnya tetap dapat digunakan. Pabrik ban biasanya mempermudah manual pemasangan ban dengan menambahkan keterangan tanda arah panah supaya pengguna tidak salah pasang arah ban.

Dengan memilih ban terbaik akan memberikan rasa nyaman dan aman ketika berkendara dan melaju di jalan raya. Keuntungan lainnya akan memperpanjang masa pakai ban, sehingga tentu saja akan mengurangi biaya penggantian ban.

Hal lainnya adalah ketika Anda mengganti ban, disarankan untuk mengganti empat ban sekaligus merek sama, atau paling tidak mengganti dua ban pada roda depan atau roda belakang (sesuai jumlah ban mobil Anda. Perlu diingat, merek ban terkenal tidak menjamin mutu terbaik. Kualitas ban hanya tergantung dari bahan dan cara pembuatan ban.

Nisa Nasifah/Foto: Istimewa

Komentar

Check Also

Peduli Masamba, Astra Motor Sulselbartra dan Ambon Bersama FIF Kembali Salurkan Bantuan

MEDIAWARTA.COM, MASAMBA – Banjir bandang disertai lumpur yang melanda wilayah Masamba, Kab.Luwu Utara, Sulawesi Selatan pada bulan …

Share This
Mediawarta