Transaksi Hari Pertama Makassar Day di Spanyol Rp 200 Juta

MEDIAWARTA.COM, MADRID – Hari pertama setelah pembukaan Makassar Day, Bazar Solidario Indonesia di Madrid, Spanyol, Sabtu (4/6/2016), berlangsung sangat meriah. Kepala Bagian Humas Pemkot Makassar, Firman Hamid Pagarra via WhatsApp dari Negeri Matador, menuliskan jumlah kunjungan di hari pertama ini mencapai 1.589 orang.

Jumlah yang fantastis ini berdampak pada tingginya nilai transaksi. Tercatat, nilai transaksi makanan dan minuman, serta barang khas Makassar yang terjual mencapai 13.849,50 Euro, atau setara Rp 200 juta.

“Kita berharap, pengunjung besok lebih banyak lagi dari hari ini. Artinya, jika dilihat dari banyaknya orang yang datang di hari pertama, berarti kita sudah bisa melampauhi target kunjungan,” jelas Firman.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Spanyol sendiri menargetkan 2.000 pengunjung untuk dua hari pelaksanaan kegiatan. Sementara, baru sehari kegiatan berlangsung, sudah mencapai 75 persen pengunjung dari target KBRI tersebut.

Firman menambahkan, warga Madrid terlihat begitu antusias menyaksikan aneka pertunjukan kebudayaan serta kesenian Makassar di event ini. Selain itu, mereka bahkan rela antre sekadar mencicipi kuliner Makassar seperti sate, konro, coto, dan onde-onde yang disuguhkan beserta cara membuatnya.

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, menegaskan jika hal ini membuktikan promosi wisata memang membutuhkan sebuah kota di tempat lain, seperti Madrid untuk membangun image (citra). Hal ini dimaksudkan demi menarik jumlah wisatawan, baik dalam maupun luar negeri ke Makassar.

“Sudah ada beberapa grup berjanji akan datang ke Makassar Agustus mendatang. Mereka adalah warga Madrid,” ungkapnya.

Sementara itu, Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Spanyol, Yuli Mumpuni dan Dubes RI untuk India, juga tampak hadir bersama seluruh rombongan misi kebudayaan Makassar ini. Seperti halnya Danny, sapaan akrab Ramdhan, mereka pun terlihat kompak mengenakan pakaian adat Bugis-Makassar secara lengkap.

Novianti/Foto: Humas Pemkot Makassar

Komentar

Check Also

MCC GOWES DI HARI KEMERDEKAAN RI

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Dalam memaknai hari kemerdekaan RI ke 75, 75 orang anggota Makassar cycling …

Share This
Mediawarta