Waspada Makanan Mematikan yang Ada di Dapur

MEDIAWARTA.COM – Anggapan makanan rumahan yang diolah sendiri lebih aman dibandingkan makanan restoran atau makanan jajanan luar, tidak spenuhnya benar. Pasalnya, ada beberapa jenis bahan makanan yang dianggap sehat justru mematikan dan berbahaya bagi kesehatan.

Berikut lima bahan makananan yang umumnya terdapat di dapur, justru membawa petaka jika dikonsumsi.

Klembak

Daun klembak mengandung asam oksalat penyebab batu ginjal. Mengkonsumsi sekitar lima kilogram sayuran ini bisa berakibat fatal bagi kesehatan.

Pala

Pala bersifat halusinogen, konsumsi 5,5 gram dapat menyebabkan kram, sementara delapan kilogram dapat meyebabkan kejang. Mengkonsunsi satu buah pala juga bisa mengakibatkan psikosis.

Kentang

Kentang berkulit hijau mengandung glycoalkaloids, senyawa penyebab diare, koma, bahkan kematian yang biasa ditemukan di kentang berkulit warna hijau atau yang sudah berkecambah.

Kacang Almond

Ada dua jenis almond, manis dan pahit. Almond dengan rasa pahit mengandung hydrogen sianida dalam jumlah besar. Dalam 7-10 hari kacang almond jenis ini dapat meyebabkan masalah serius pada orang dewasa dan berakibat fatal bagi anak-anak

Ikan Tuna

Ikan tuna berbahaya karena dagingnya dapat meyerap merkuri, dan ketika merkuri tertelan melalui makanan akan mempengaruhi ginjal bahkan sampai ke otak sehingga menyebabkan banyak kerusakan dalam tubuh. Food and Drug Administration (FDA) meyarankan agar wanita hamil dan anak-anak, lebih baik menghindari ikan tuna. Untuk itu, pastikan ikan tuna yang dikonsumsi terbebas dari merkuri.

Sumber: Healthy Food Team

Komentar

Check Also

Halodoc Sediakan Akses Layanan Telekonsultasi Gratis & Penawaran Spesial Tes COVID-19 Di Hari Kemerdekaan RI

MEDIAWARTA.COM, JAKARTA – Halodoc, perusahaan teknologi penyedia akses layanan kesehatan terlengkap, berupaya membantu pemerintah dalam …

Share This
Mediawarta