Wow, Konsumsi Makanan Ini Bisa Meredakan Stres

MEDIAWARTA.COM – Kita tentu tahu kalau stres dapat menyerang semua orang. Stres bisa disebabkan banyak hal. Lalu, apa yang dapat kita lalukan jika sudah stres? Sebenarnya, terdapat beberapa cara untuk menghilangkan stres, seperti meditasi, olahraga, atau istirahat yang cukup.

Selain itu, tahukah Anda kalau makanan juga dapat membantu kita untuk menghilangkan stres? Berikut beberapa jenis makanan yang bisa mengatasi stres.

Blueberry

Buah ini kaya akan antioksidan. Blueberry juga mengandung fitonutrien yang berperan dalam sistem pertahanan tubuh. Zat ini membantu meningkatkan respons tubuh untuk melawan radikal bebas yang berhubungan dengan stres.

Salmon

Omega 3 dalam salmon dapat mengurangi hormon kecemasan, seperti hormon kortisol yang akan meningkat saat stres menyerang. Menurut pakar kesehatan dari University Hospitals Case Medical Center AS, Lisa Cimperman, omega 3 di dalam salmon memiliki sifat antiinflamasi. Sifat inilah yang membantu tubuh melawan efek negatif dari hormon stres.

Dada Kalkun

Yang satu ini mengandung tryptophan (salah satu asam amino penyusun protein) yang membantu meningkatkan produksi hormon serotonin. Hormon serotonin inilah yang dapat memicu rasa senang dalam diri kita. Tryptophan juga banyak terkandung dalam kacang-kancangan, biji-bijian, ikan, oat, dan telur.

Sayuran Berdaun Hijau

Menurut Heather Mangieri dari Academy of Nutrition and Dietetics, sayuran berdaun hijau seperti bayam mengandung folat yang dapat meredakan stres. Folat akan menghasilkan dopamine, sejenis bahan kimia yang merangsang rasa bahagia di dalam otak. Alhasil, makanan ini akan membuat kita jadi lebih tenang. Ini juga dipertegas sebuah studi di Universitas Otago, juga menemukan temuan serupa. Menurut studinya, mahasiswa cenderung merasa lebih tenang, bertenanga, dan bahagia ketika makan lebih banyak sayuran hijau dan buah-buahan.

Oatmeal

Menurut sebuah studi, karbohidrat dapat membantu otak memproduksi serotonin. Tetapi, tunggu dulu. Sebaiknya, kita tidak mengonsumsi karbohidrat dari makanan manis seperti donat. Pasalnya, stres dapat menyebabkan naiknya gula darah. Namun, yang perlu kita konsumsi adalah karbohidrat kompleks seperti oatmeal.

Sumber: Kompas/Foto: Istimewa

Comment