Foto: Istimewa

Yuk, Bikin Masker Anti Keriput dan Jerawat dengan Air Kelapa

MEDIAWARTA.COM – Selain menyegarkan, air kelapa muda ternyata banyak manfaatnya. Setiap satu butir kelapa mengandung sekitar satu gelas hingga empat gelas air kelapa. Air kelapa muda, terutama air kelapa hijau memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.

Nutrisi yang terkandung dalam air kelapa muda dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, juga mengandung antioksidan dan sitokinin yang juga berperan untuk kekebalan tubuh, anti-penuaan, antitrombotik dan efek antikanker pada tubuh.

Air kelapa mengandung sitokinin yang memiliki efek anti penuaan pada sel-sel dan jaringan. Hal ini akan mengurangi risiko berkembangnya penyakit degeneratif. Air kelapa hijau, selain menyegarkan juga memberi nutrisi dan menghidrasi kulit agar tetap lembut dan halus.

Selain minum air kelapa, seseorang dapat mencampur air kelapa cukup dengan dua sendok teh bubuk cendana untuk dibuat pasta, oleskan pada kulit dan bilas ketika mengering seluruhnya untuk menjaga kulit tampak lebih muda.

Samarkan Keriput

Keriput, garis-garis halus, dan bintik-bintik pada kulit muncul seiring bertambahnya usia. Tetapi, dengan perawatan yang tepat tanda-tanda penuaan bisa ditunda. Manfaatkan air kelapa untuk melawan tanda penuaan, seperti membuat masker antikeriput.

Caranya mudah, campur satu sendok makan air kelapa dan dua sendok makan yogurt tawar, aduk rata. Oleskan ke seluruh wajah, biarkan selama 15 menit dan bilas hingga bersih. Lakukan secara rutin dua kali seminggu.

Fungsi air kelapa dalam masker antikeriput tidak lain karena buah ini mengandung sitokin yang membantu membantu pertumbuhan sel dan perbaikan kulit lebih cepat, serta mengurangi kerusakan yang telah ditimbulkan. Sementara, yogurt sumber asam laktat, lembut namun efektif exfoliator. Ini membantu meningkatkan penampilan kulit dengan menghapus sel-sel mati.

Kunci agar kulit tetap sehat adalah hidrasi yang tepat. Matahari, polusi, dan sabun dapat mengurangi kelembapan dan menjadikan kulit kering. Air kelapa merupakan salah satu bahan yang bagus untuk membantu melembapkan kulit Anda.

Untuk membuat masker pelembut kulit wajah, caranya campur dua sendok makan air kelapa, setengah sendok teh jus lemon, dan satu sendok teh madu, aduk rata. Ratakan masker pada wajah, pijat lembut wajah dengan gerakan melingkar. Biarkan selama 30 menit, bilas air dingin. Air kelapa adalah pelembab yang bagus untuk semua jenis kulit. Karena ringan, maka tidak akan membuat kulit Anda berminyak.

Jika kulit Anda sangat kering, tambahan madu bisa diperbanyak. Sementara, untuk kulit normal dan berminyak, yang diperbanyak adalah jumlah air lemonnya.

Atasi Infeksi Kulit

Kulit selalu rentan terhadap bakteri dan jamur, hal ini dapat menyebabkan infeksi kulit yang dapat mengakibatkan ruam atau kulit yang teriritasi. Air kelapa dapat membantu mencegah dan mengobatinya.

Jerawat terjadi ketika folikel di kulit tersumbat minyak, kemudian diserang bakteri yang menyebabkan pembengkakan. Air kelapa memiliki sifat antibakteri yang bisa menguranginya.

Untuk mengatasinya, buatlah masker antijerawat. Caranya, campur setengah gelas air kelapa dan satu sendok teh madu, aduk rata. Celupkan kapas ke dalam ramuan, oleskan pada wajah yang bersih. Biarkan selama 10 menit, bersihkan dengan lap.

Nisa Nasifah/Dari berbagai sumber

Komentar

Check Also

Halodoc Sediakan Akses Layanan Telekonsultasi Gratis & Penawaran Spesial Tes COVID-19 Di Hari Kemerdekaan RI

MEDIAWARTA.COM, JAKARTA – Halodoc, perusahaan teknologi penyedia akses layanan kesehatan terlengkap, berupaya membantu pemerintah dalam …

Share This
Mediawarta