Buah Naga, Berserat Tinggi Kaya Manfaat

MEDIAWARTA.COM – Buah Naga bentuknya bulat agak lonjong seukuran dengan buah alpukat. Kulit buahnya berwarna merah menyala untuk jenis buah naga putih dan merah, berwarna merah gelap untuk buah naga hitam,  dan berwarna kuning untuk buah naga kuning.

Yang menjadi ciri khas dari buah ini adalah sekujur kulitnya dipenuhi dengan jumbai-jumbai, mirip sisik naga. Makanya buah ini disebut Buah Naga.

Selain rasanya manis menyegarkan, Buah Naga kaya akan manfaat. Banyak orang percaya, buah ini dapat menurunkan kolestrol dan penyeimbangan gula darah.

Dikutip dari Doktersehat, belum ada penelitian tentang manfaat buah ini. Namun karena asalnya dari jenis buah kaktus, dipercaya buah naga mengandung vitamin C, beta karoten, kalsium, dan karbonhidrat. Buah naga mengandung serat yang tinggi, sebagai pengikat zat karsinogen, penyebab kanker dan memperlancar proses pencernaan.

Buah Naga biasanya dikonsumsi dalam bentuk buah segar, sebagai penghilang dahaga. Itu karena naga mengandung kadar air tinggi sekitar 90 persen dari berat buah. Rasanya cukup manis, karena mengandung kadar gula mencapai 13-18 briks.

Buah naga juga dapat disajikan dalam bentuk jus, sari buah, manisan maupun selai, atau beragam bentuk penyajian sesuai selera.

Comment