Foto: Effendy Wongso

Ini Cara Cerdas Berburu Barang Diskon

MEDIAWARTA.COM – Pasca Ramadan dan Lebaran, setelah pengelola toko maupun mal jor-joran memberikan diskon, kini kembali menebar diskon untuk menjaring pembeli. Strategi ini tentu dilakukan pelaku usaha mengingat trafik pembelian agak menurun setelah Idul Fitri.

Bagi “shopaholic” yang gila belanja, rasanya menyenangkan mendengar barang dijual dengan harga lebih murah. Tetapi, tanpa kontrol diri yang pas, bisa-bisa seseorang malah lost control dan berbelanja lebih dari bujet. Seperti dikutip dari femina.co.id, biar kantong tetap aman dan tidak bolong, berikut beberapa trik sukses berbelanja saat diskon atau sale.

Salah satunya, cari info terkait barang-barang yang sele tersebut, bisa di media cetak seperti koran, majalah, maupun brosur. Catat lokasi, tanggal, dan waktunya agar tidak lupa. Selain itu, mulai berhitung. Cek bujet yang dimiliki, dan jangan hanya lantaran tergiur diskon besar-besaran malah sampai berutang, terutama yang berbelanja menggunakan kartu kredit. Kalau jadwal sale masih berlaku panjang, sempatkan dulu untuk menabung.

Jangan ragu mengajak teman, pasalnya selain bisa belanja seru bersama, seseorang bisa bergantian antre di kasir atau kamar pas. Saat dilema memutuskan barang mana yang akan dibeli, teman juga bisa membantu memberi saran.

Pililh barang yang paling sesuai kebutuhan atau barang model klasik yang “long lasting”. Namun, kalau ada barang favorit yang sudah diincar sebelumnya, jangan ragu untuk membelinya. Tetapi untuk “advice” yang satu ini, harus diingat sale sering membuat seseorang “kalap” dan lupa diri, sehingga mungkin saja membeli barang yang ternyata sudah pernah dibeli sebelumnya, khususnya untuk busana.

Tidak jarang sale diadakan untuk menghabiskan sejumlah produk (cuci gudang). Jadi sangat mungkin ada barang yang kondisinya sudah tidak bagus lagi.  Oleh karena itu, calon pembeli barang sale ini harus hati-hati dan memilih secara detail sebelum membayar di kasir.

Kalau memiliki bujet lebih, boleh juga sesekali mengincar barang sale bermerek. Jangan takut mengeluarkan bujet lebih jika sebanding kualitasnya.

Komentar

Check Also

Berselancar Bersama Komunitas Inline Skate di Roof Top Nipah Mall

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Sejak tahun 90-an sepatu roda menjadi permainan yang menarik dan diminati anak-anak …

Share This
Mediawarta