Foto: Istimewa

Ini Cara Cerdas Memilih Travel Bag yang Berkualitas

MEDIAWARTA.COM – Pastinya liburan harus ditemani travel bag yang tepat agar packing lebih praktis dan perjalanan lebih nyaman. Berikut cara memilih travel bag yang berkualitas.

Umumnya travel bag atau koper premium (kualitas baik) memang sedikit lebih mahal. Namun, harga dan kuallitas berbanding lurus. Pasalnya, percuma jika kita mermilih travel bag dengan harga miring tetapi cepat rusak.

Keuntungan lainnya, travel bag premium juga memberikan kenyamanan dalam bentuk garansi. Seseorang tidak pernah tahu apa yang bakal terjadi dengan tasnya. Dengan adanya garansi, jika ada kerusakan apapun bisa langsung diklaim ke produsen.

Untuk ukuran kecil, bisa digunakan untuk berpergian sekitar dua minggu. Sebaiknya, khusus untuk traveler bisnis, bawa juga bag tambahan untuk dokumen, laptop, atau kamera, sehingga tidak perlu repot membongkar travel bag.

Sementara bag ukuran sedang digunakan untuk berpergian selama satu hingga tiga bulan, dengan tempat tujuan yang tidak terlalu jauh. Untuk bag besar, ini digunakan untuk bepertian atau tinggal selama tiga hingga enam bulan. Tas ini dijamin bisa memuat semua kebutuhan kita selama berada di tempat tujuan.

Seperti yang dikutip dari femina.co.id, sebelum berangkat, proses packing penting agar tidak kerepotan nantinya. Pasalnya, untuk membeli travel bag yang pas, seseorang tidak dapat asal membeli sebelum tahu apa yang akan dibawa selama perjalanan.

Coba rinci apa yang kira-kira dibutuhkan, serta apa saja kegiatan yang akan dilakukan setiap hari selama berada di tempat tujuan. Misalnya, apakah akan berenang, hiking, tinggal di hotel, atau mungkin kemping. Pertimbangkan juga cuaca di tempat tujuan. Udara dingin otomatis membuat seseorang butuh tas lebih besar untuk membawa jaket maupun pakaian hangat.

Untuk tampilan luar travel bag tentunya tergantung selera. Sebaiknya, memilih warna-warna cerah untuk mepermudah mengenali tas. Adapun bahannya, juga sebaiknya yang terbuat dari kulit, nylon, dan polyester agar lebih awet. Kendalanya, untuk bahan kulit memang terlihat eksklusif, namun lebih berat sehingga kurang praktis. Sebaiknya, pilih tas dengan berat kurang dari lima kilogram untuk ukuran besar sekalipun.

Jika sering bepergian, tas dengan bahan ballistic nylon bisa jadi pilihan. Harganya memang lebih mahal dibandingkan bahan lainnya, tetapi daya tahannya patut diacungi jempol. Sementara, untuk yang hanya bepergian sesekali, tas dengan bahan cordura nylon sudah cukup mumpuni.

Perlu diingat, kunci atau kode pengaman tas juga penting sehingga tidak bisa diabaikan. Selalu pilih tas dengan kunci supaya lebih aman saat bepergian. Pilih bahan yang kuat agar tidak mudah rusak. Pastikan travel bag memiliki kantong penyimpanan tambahan, strap untuk menjaga pakaian tidak terguncang dan tetap rapi, serta pegangan di kedua sisi atas dan samping.

Pilih travel bag dengan pegangan ganda (dua sisi). Hindari pegangan berupa satu buah besi berbentuk huruf T karena tidak stabil. Periksa apakah zipper atau resleting berukuran besar, terbuat dari besi serta kuat agar tidak mudah jebol. Belilah travel bag yang dilengkapi roda supaya lebih praktis dan mudah dibawa.

Komentar

Check Also

Berselancar Bersama Komunitas Inline Skate di Roof Top Nipah Mall

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Sejak tahun 90-an sepatu roda menjadi permainan yang menarik dan diminati anak-anak …

Share This
Mediawarta