Foto: Istimewa

Ini Cara Sukses Gelar Acara Kumpul Keluarga di Idul Fitri

MEDIAWARTA.COM – Ketika Lebaran tahun ini giliran Anda ditunjuk sebagai tuan rumah acara kumpul keluarga besar, tentu membanggakan karena semua kerabat melepas kangen di rumah Anda. Akan tetapi, pasti sudah terbayang bagaimana repotnya menyiapkan acara. Jangan khawatir, gunakan beberapa tips ini agar acara dapat berjalan sukses dan lancar.

Sebarkan Undangan Acara

Setelah memastikan tempat dan waktu diadakannya acara kumpul keluarga, sebarkan undangan terkait acara yang akan Anda gelar kepada anggota keluarga tanpa terkecuali. Jika memungkinkan, mintalah jawaban segera agar dapat memastikan jumlah tamu yang bakal datang ke acara kumpul keluarga ini. Ini penting, mengingat Anda harus menyiapkan tempat duduk, makanan, dan lainnya.

Selain mengucapkannya secara langsung, Anda bisa memanfaatkan smartphone untuk menghubungi anggota keluarga. Jika tidak ingin kehabisan pulsa, aktifkan paket internet terlengkap yang sudah banyak ditawarkan provider. Cara ini memudahkan komunikasi via BBM, Whatsapp, hingga melalui media sosial. Bukan hanya itu, pengguna juga bisa berkomunikasi dengan mengirimkan video dan gambar, sehingga lebih terasa real time.

Wajib Makan-Makan

Acara kumpul keluarga tidak akan seru tanpa kehadiran hidangan yang lezat, mulai camilan, makanan berat, hingga minuman segar. Anda dapat bekerja sama dengan anggota keluarga lainnya untuk membuat sajian lezat itu, kalau perlu memesannya ke katering langganan untuk alasan kepraktisan.

Pertimbangkan Ruang Berkumpul yang Ideal

Ruang yang terlalu sempit tentunya akan membuat para undangan merasa kurang nyaman. Pilih tempat yang cukup besar sebagai area utama terlaksananya acara kumpul keluarga. Pastikan tempat yang dipilih memiliki aliran udara yang baik sehingga tidak menimbulkan gerah dan membuat suasana kurang nyaman. Jika perlu, gunakan pendingin udara untuk menambah kenyamanan selama berlangsungnya acara.

Susun Daftar Acara

Tidak adanya susunan acara yang fix dapat membuat event kumpul keluarga jadi berantakan. Susun terlebih dulu acara apa saja yang akan dimasukkan, mulai sambutan keluarga, berdoa bersama, hingga puncaknya acara makan-makan dan hiburan. Cara ini dapat menghindarkan keluarga dari rasa bosan yang dapat merusak suasana kekeluargaan.

Jadi, demi kelancaran acara kumpul keluarga saat Ramadan, gunakan beberapa tips tadi. Kalau ada gagasan yang lebih baik, tentu sah-sah saja jika Anda menyusunnya dalam salah satu daftar pribadi rencana menyambut momen istimewa Lebaran.

Sumber: merdeka.com

Komentar

Check Also

MCC GOWES DI HARI KEMERDEKAAN RI

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Dalam memaknai hari kemerdekaan RI ke 75, 75 orang anggota Makassar cycling …

Share This
Mediawarta