Ini Gejala Awal Stroke yang Perlu Diwaspadai

MEDIAWARTA.COM – Waspadalah jika Anda mendadak merasa pegal, kesemutan, dan lemas di area lengan dan bahu meski tidak melakukan aktivitas berat yang menuntut kinerja keduanya. Itu bisa merupakan gejala awal stroke.

“Selain kemungkinan kadar kolesterol darah yang tinggi, hal tersebut juga bisa menjadi gejala awal stroke. Ini akibat kurangnya pasokan oksigen atau terjadinya sumbatan pembuluh darah di otak,” terang Dokter Ahli Akupunktur RSCM, Dharma K Widya belum lama ini.

Untuk itu, ia menyarankan seseorang harus semakin waspada jika lengan, bahu, dan kaki mati rasa. Sebab serangan stroke juga ditandai dengan lumpuhnya sebagian anggota tubuh. Penyebabnya, fungsi otak yang terganggu dan mengacaukan sistem sensorik dan motorik tubuh.

Menurut Dharma, ada dua hal yang harus diperhatikan. “Metode diagnosis awal dan antisipasi dini. Yang pertama, jika rentan terkena stroke, entah karena overweight atau faktor keturunan maka rajin-rajinlah melakukan pemeriksaan kadar kolesterol dan pemantauan tekanan darah. Hal ini dapat menjadi antisipasi utama agar seseorang tidak kecolongan. Kalau usia udah menginjak 35 tahun, lakukan pemeriksaan rutin maksimal tiga bulan sekali,” pesannya.

Sementara, antisipasi dini yang merupakan hal kedua, sebut Dharma adalah terkait gaya hidup sehat. “Makanlah hanya makanan sehat, jangan merokok, dan  berolahragalah secara teratur. Gaya hidup sehat menjadi harga mati untuk seseorang agar terhindar dari stoke,” imbaunya.

Sumber: menshealth.co.id/Foto: media.healthliving.today

Komentar

Check Also

Aliyah Mustika Ilham Berbagi Nutrisi dengan Mengajak Ibu Hamil Konsumsi Sayur Mayur

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Ibu hamil sangat memerlukan nutrisi dimasa pandemi Covid-19 menjadi hal yang sangat …

Share This
Mediawarta