Guna pengembangan spiritual, Danny ajak warga salat subuh berjemaah di Pantai Losari

Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto.

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Guna pengembangan spiritual, Danny ajak warga salat subuh berjemaah di Pantai Losari Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto mengajak kaum Muslimin beserta keluarga untuk menunaikan salat subuh berjemaah. Ajakan itu tertuang dalam “Gerakan Makassar Salat Subuh Berjemaah” yang diawali akhir pekan ini, Minggu (31/7/2016) di Anjungan City of Makassar, Pantai Losari.

Gerakan akan menjadi agenda tetap Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar yang akan dilaksanakan sebulan sekali di Minggu terakhir. Sebagai permulaan akan dimulai pada 31Juli, 28 Agustus, 25 September, 30 Oktober, dan 27 November.

Diperkirakan tak kurang dari seribu orang akan mengikuti Gerakan Makassar Salat Subuh Berjemaa. Mereka berasal dari unsur SKPD, Perusda, unit kerja, dan kecamatan yang hadir bersama keluarga. Selain itu, pelajar SMP, SMA/SMK juga dihimbau untuk mengikuti kegiatan tersebut.

“Pemerintah berupaya menuntun warganya ke hal-hal yang positif. Tidak sekadar mengejar dunia lantas mengabaikan akhirat. Ini gerakan moral yang menjadi pemersatu bagi masyarakat dan pemerintah untuk bersama membangun ‘Makassar Dua Kali Tambah Baik’. Ini bagian dari syiar,” terang Danny, sapaan akrab Ramdhan.

Sementara itu, Kabag Humas Pemkot Makassar, menyampaikan Gerakan Makassar Salat Subuh Berjemaah juga diisi ceramah. “Akan ada ceramah setiap usai salat subuh untuk memberikan pencerahan kalbu bagi jemaah. Semoga gerakan ini memberi keberkahan bagi warga dan Kota Makassar,” imbuhnya di Makassar, Jumat (29/7/2016).

Ia menambahkan, pemilihan waktu salat subuh lantaran banyak keutamaan (manfaat) dari sisi spiritualitas. Salah satunya disebutkan dalam firman Allah SWT, surah Al-Isra ayat 78 yang artinya, “Dirikanlah salat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula salat) subuh. Sesungguhnya salat subuh itu disaksikan (oleh malaikat)”.

Keutamaan lain salat subuh dapat dilihat pada hadis riwayat Muslim dari Aisyah Radhiyallahu Anha bahwa Rasulullah SAW bersabda “Dua rakaat fajar (subuh) lebih baik dari dunia seisinya”.

Novianti/Foto: Effendy Wongso

Comment