Foto: Istimewa

Hih Seram, Ada Hantu Kolong Wewe versi Irlandia Bernama Banshee

MEDIAWARTA.COM – Kisah mistis terkait hantu tidak ada habisnya. Selain menjadi buah bibir di berbagai kalangan masyarakat, cerita hantu juga sering dijadikan objek dalam film-film horor.

Di Indonesia, kisah hantu juga sudah sangat melegenda dan beberapa sosok mistis tersebut sudah menjadi “ikon” dunia supranatural di Tanah Air. Sebut saja Kuntilanak, Kolong Wewe, Tuyul, Pocong, Parakang (di Sulsel), dan lain-lain.

Bagaimana dengan di Eropa? Kalau Inggris memiliki ikon hantu tanpa kepala bernama Anne Boleyn, Irlandia justru punya hantu legendaris yang sangat menyeramkan serupa Kolong Wewe di Indonesia, namanya Banshee.

Di Eropa, Banshee dikenal sebagai sosok hantu wanita yang gentayangan karena dibunuh atau meninggal saat melahirkan. Di Indonesia, hantu jenis ini disebut sebagai Kolong Wewe atau Kuntilanak. Padahal, menurut legenda asal Irlandia ini, Banshee merupakan roh wanita penanda kematian.

Dikutip dari gadis.co.id, kata Banshee berasal dari bahasa Irlandia yang memiliki arti “Wanita dari Dunia Peri”. Sementara, dari bahasa Scottish Gaelic, Banshee berarti “People of Peace”. Dalam mitologi Irlandia, Banshee muncul sebagai sosok menakutkan yang mewakili Dewi Kematian.

Diyakini, jika Banshee muncul dalam sebuah rumah, maka salah satu anggota keluarga di rumah tersebut akan meninggal. Diyakini pula, Banshee akan memberikan tanda kematian dengan menyanyikan sebuah lagu.

Konon, jika anggota keluarga tersebut terkenal baik dan berbudi luhur, Banshee akan menyanyikan lagu dengan nada yang sendu sebagai penghibur bagi keluarga yang ditinggalkan. Sementara, kalau keluarga yang meninggal dianggap memiliki dekadensi moral yang tidak baik, maka Banshee akan menyanyikan lagu dengan lirik berisik hingga menjerit. Hih, menyeramkan!

Seramnya, penampakan Banshee juga diceritakan dalam berbagai versi. Ada yang melihatnya sebagai seorang wanita tua yang menjelma sebagai wanita cantik. Ada juga yang percaya ia muncul dengan pakaian putih dan rambut panjang.

Sekilas hantu legendaris ini memang seperti dongeng. Namun, bagi warga Irlandia, hantu ini dipercaya tinggal di Kastil Dunluce di Inggris. Soalnya, pada 1801, Banshee pernah muncul dan memberitahukan pesan kematian kepada seorang pimpinan pasukan Inggris.

Kisahnya yang legendaris membuat Banshee sering  diangkat dalam cerita-cerita fiksi. Salah satunya novel fenomenal karya JK Rowling, Harry Potter.

Komentar

Check Also

MCC GOWES DI HARI KEMERDEKAAN RI

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Dalam memaknai hari kemerdekaan RI ke 75, 75 orang anggota Makassar cycling …

Share This
Mediawarta