Foto : Int

Ini Asal Usul Tradisi Baju Baru Saat Lebaran di Indonesia

MEDIAWARTA.COM – Perayaan Idul Fitri di Indonesia, selalu dihiasi tradisi baju baru saat lebaran. Di pengujung Ramadan, pusat perbelanjaan ramai dikunjungi dengan tawaran diskon besar-besaran.

Tradisi membeli dan memakai baju baru saat hari lebaran sudah berlangsung Sejak 1596 dan menjadi tradisi turun temurun sampai sekarang. Meski tidak ada kewajiban agama untuk melakukannya, namun mayoritas Muslim Indonesia sesudah terbiasa tampil dengan baju baru di hari kemenangan.

Berawal ketika di kerajaan Banten saat menyambut lebaran, mayoritas penduduknya sibuk menyiapkan baju baru.

Namun pada saat itu, tidak semua masyarakat yang membeli baju baru. Mayoritas mereka menjahit sendiri, ini lantaran masih terbatasnya teknologi waktu itu. Hanya kalangan kerajaan yang memiliki akses luas mendapatkan baju bagus untuk lebaran.

Digambarkan suasana di Banten saat itu ketika menyambut lebaran sangat ramai, berbeda dari hari-hari biasanya. Juga, mayoritas penduduk yang berprofesi sebagai petani, ramai-ramai berubah menjadi tukang jahit dadakan. Pada malam hari, sepanjang jalanan dipenuhi cahaya obor yang menghiasi di setiap sisi.

Di kerajaan Mataram (Yogyakarta) kondisinya juga sama, memasuki hari terakhir Ramadan, orang-orang Muslim di Mataram sibuk membuat pakaian baru untuk dipakai pada hari Idul Fitri.

Sumber: merdeka

Komentar

Check Also

Berselancar Bersama Komunitas Inline Skate di Roof Top Nipah Mall

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Sejak tahun 90-an sepatu roda menjadi permainan yang menarik dan diminati anak-anak …

Share This
Mediawarta