Foto: Istimewa

Ini lima makanan yang bisa membunuh ereksi pria

MEDIAWARTA.COM – Ereksi bisa dijadikan barometer kesehatan seorang pria. Namun, kadang-kadang para pria lupa hal itu dan tidak sengaja “membunuh” kemampuan ereksinya. Biasanya, yang membunuh kemampuan ereksi adalah pola makan. Pola makan serampangan jelas berdampak buruk pada tubuh, termasuk kemampuan ereksi.

Namun, pola makan sehat pun bisa jadi bumerang bagi “Mr P”. Beberapa jenis makanan yang dianggap sehat justru bisa menurunkan kemampuan ereksi. Seperti dikutip dari Kontan, berikut lima jenis makanan yang dilansir askmen.com bisa menurunkan atau malah membunuh kemampuan penis untuk ereksi.

Alkohol. Banyak penelitian yang menyebut kalau minum wine itu baik untuk kesehatan. Tetapi terlalu banyak justru tidak baik bagi tubuh. Sialnya, banyak yang menganggap kalau alkohol adalah “bahan bakar” agar tahan lama di ranjang. Akibatnya, banyak orang yang menenggak alkohol sebelum mulai bercinta.

Padahal, alkohol bisa mengalangi koneksi antara tubuh dan otak. Termasuk mengacaukan rangsangan seksual. Bahkan, minum alkohol terlalu banyak bisa membuat seseorang merasa stres dan depresi.

Alkohol juga cenderung membuat tubuh menjadi gemuk. Makin gemuk, makin rendah kadar testosteron seorang pria. Otomatis kemampuan seksualnya, termasuk ereksi, menurun.

Sebuah penelitian di India menyebut kalau disfungsi seksual sangat lazim ditemui pada para penenggak alkohol, terutama yang berlebihan dan ketergantungan. Hal ini didukung penelitian yang dilakukan University of Washington. Penelitian tersebut mengatakan kalau minum alkohol berlebihan akan mengganggu respons terhadap rangsangan seksual dan tingkat kekerasan ereksi.

Diet soda. Apakah diet soda lebih sehat ketimbang soda biasa? Jawabannya belum tentu. Minuman bersoda mengandung pemanis buatan. Diet soda pun demikian, masih mengandung pemanis buatan.

Sebuah penelitian di Polandia menyebut kalau soda bisa menurunkan kemampuan ereksi. Minuman bersoda juga bisa menyebabkan obesitas, yang turut berperan dalam membunuh ereksi.

Penelitian yang dilakukan University of Michigan pada 2013, turut memperkuat fakta kalau soda menyebabkan obesitas. Termasuk minuman jenis diet soda.

Gorengan. Tidak bisa dipungkiri, makanan yang digoreng akan terasa lebih lezat. Tetapi nikmat di lidah belum tentu sehat di tubuh. Kaum pria hendaknya mengurangi porsi makanan yang digoreng. Alasannya, makanan yang digoreng bisa menyumbat pembuluh darah, termasuk pembuluh darah ke penis.

Makanan yang digoreng juga identik peningkatan berat badan. Naiknya berat badan biasanya diikuti dengan turunnya kadar testosterone, yang berpengaruh terhadap kemampuan ereksi.

Popcorn instan. Popcorn instan memang mudah dan enak. Hanya butuh dipanaskan di microwave selama beberapa menit dan tersajilah popcorn untuk camilan. Yang tidak disadari adalah popcorn instan itu bisa mencederai kemampuan ereksi kaum pria. Bagian dalam kantung popcorn itu mengandung zat kimia PFO atau PFOS. Pada uji klinis terhadap hewan, keduanya terbukti memicu kanker testis, gangguan hati, dan pankreas.

Kedelai. Kandungan isoflavon pada kedelai memang menyehatkan. Tetapi, kedelai juga mengandung hormon sejenis estrogen yang dikenal sebagai hormon wanita. Penelitian yang dilakukan Harvard Medical School menyebut kalau kedelai bisa menurunkan kadar testosteron dan menurunkan kemampuan ereksi. Di Jepang, sebuah penelitian yang melibatkan 69 pria membuktikan jika kedelai memengaruhi kadar testosteron.

Perlu dicatat, kondisi ini hanya terjadi jika Anda mengonsumsi kedelai dalam jumlah besar dan dalam jangka waktu yang lama. Jika Anda hanya sekadar menenggak susu kedelai, itu aman saja.

Komentar

Check Also

Halodoc Sediakan Akses Layanan Telekonsultasi Gratis & Penawaran Spesial Tes COVID-19 Di Hari Kemerdekaan RI

MEDIAWARTA.COM, JAKARTA – Halodoc, perusahaan teknologi penyedia akses layanan kesehatan terlengkap, berupaya membantu pemerintah dalam …

Share This
Mediawarta