NASA: Kutub Bumi Sedang Bergeser, 29 Juli Bakal Kiamat?

MEDIAWARTA.COM – Beberapa waktu lalu kelompok End Times Propechies memposting sebuah video di Youtube, yang menggemparkan dunia. Mereka mengklaim bumi akan kiamat pada 29 Juli ini. Apa itu benar?

End Times Propechies menggunakan teori bahwa pada hari itu, dua kutub Bumi, yakni Kutub Selatan dan Kutub Utara bakal terbalik. Bukan hanya itu saja, mereka pun mengklaim matahari akan padam, dan semua bintang di luar angkasa bakal berjatuhan di Bumi. Meskipun soal kiamat hanya Tuhan yang tahu, tapi NASA menyebut kalau saat ini kutub Bumi memang sedang bergeser.

Apakah betul akan kiamat? Jangan khawatir kalau kamu masih jomblo dan belum menikah. Para ilmuwan menjelaskan, jika pergeseran kutub Bumi itu merupakan fenomena geomagnetic, di mana Kutub Utara perlahan bergerak ke kutub magnetik utara, karena pergeseran besi cair di inti Bumi.

Ilmuwan menyebutkan Bumi memang mengalami perputaran geomagnetik penuh setiap 780 ribu tahun. Kutub magnetik bergerak sangat pelan, dan tercatat bahwa kutub sudah bergeser lebih dari 965 kilometer.

NASA menambahkan bahwa pada abad ke-20, kutub Bumi sudah bergeser sekitar 64,3 kilometer pertahun. “Saat ini kutub Bumi memang mengalami geomagnetik tapi tak perlu panik karena penduduk Bumi sulit untuk melihatnya. Kondisi yang menyebut kalau kutub akan berbalik itu sepenuhnya tidak dapat diprediksi. Sejauh ini belum ada catatan geologi yang menyebut bahwa Bumi akan kiamat, dengan Kutub Utara dan Kutub Selatan yang berbalik. Meskipun nanti medan magnet Bumi akan melemah, atmosfer Bumi yang tebal mampu melindungi peradaban dari partikel Matahari. Satu-satunya efek fenomena ini adalah alat penunjuk arah atau kompas harus diperbaiki,” jelas NASA.

 

Comment