Peredaran vaksin palsu tidak sampai masuk ke Makassar dan Sulsel

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Aliyah Mustika Ilham (kanan).

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Peredaran vaksin palsu tidak sampai masuk ke Makassar dan Sulsel. Hal tersebut diungkapkan anggota DPR RI Komisi IX, Aliyah Mustika Ilham di hadapan sekitar 200 mahasiswa Universitas Muslim Indonesia (UMI) di Auditorium KH Muhammad Ramly UMI, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Jumat (29/7/2016).

Kedatangan Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat ini di UMI guna sosialisasi pemberdayaan masyarakat melalui bahaya obat palsu, kosmetik ilegal dan makanan berformalin, komunikasi, informasi, dan edukasi terkait bersama Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (POM).

“Bersama Balai POM, kami ingin adik-adik mahasiswa paham dan mau melanjutkan informasi terkait bahaya obat palsu, kosmetik ilegal, dan makanan berformalin ke lingkungan sekitar, bahkan sampai ke desa,” harap Aliyah.

Di DPR RI, Aliyah berada di Komisi IX membidangi kesehatan, tenaga kerja, transmigrasi dan kependudukan. Pada kesempatan itu, ia menyampaikan peredaran vaksin palsu tidak masuk sampai ke Makassar dan Sulsel.

“Sudah tugas kami melakukan pengawasan dan edukasi bersama POM, termasuk peredaran vaksin. Perlu diketahui, Makassar dan Sulsel bebas dari vaksin palsu,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Badan POM Sulsel Muhammad Guntur sebagai narasumber mengimbau agar tidak mudah percaya dengan terhadap produk obat dan kosmetik yang diperjualbelikan secara online.

“Banyak obat yang beredar palsu, bahkan kandungannya tepung,” ungkapnya di hadapan mahasiswa yang sebagian besar adalah anggota KSR Palang Merah.

Sebelumnya, Dekan Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia (FTI UMI), Zakir Sabara mengatakan anggota DPR RI Komisi IX, Aliyah Mustika Ilham adalah perempuan tangguh dan berani.

Menurutnya, anggota DPR yang melaksanakan kegiatan dalam kampus dan bertemu banyak mahasiswa adalah sosok yang memiliki keberanian.

“Bicara dalam kampus itu beda dengan di luar, inilah mengapa kita salut dan apresiasi kepada Aliyah sebagai perempuan tangguh, mau bertemu dan berbagi informasi positif bagi adik-adik mahasiswa,” ungkap Zakir.

Ia menambahkan, Aliyah yang merupakan isteri Wali Kota Makassar periode 2004-2014, Ilham Arief Sirajuddin juga merupakan bagian dari UMI.

“Aliyah dan Ilham adalah orang baik, susah mencari wali Kota sebaik ia. Sebagai Ketua Ikatan Alumni Pasca Sarjana UMI, Ilham telah banyak berjasa bagi kampus kami,” beber Zakir.

AgungTanrasula/Foto: Agung Tanrasula

Comment