Foto: Twitter @PSMKita

Robert Rene Albert: Tak ada beban mental, PSM Makassar siap hadapi Madura United

MEDIAWARTA.COM, BANGKALAN – Tak ada beban mental, PSM Makassar siap hadapi Madura United. Hal tersebut diungkapkan Pelatih Kepala PSM Makassar Robert Rene Albert di Bankalan, Madura, saat memotivasi Resky Pellu dan kawan-kawan untuk melanjutkan tren positif di pekan ke-11 turnamen Indonesian Soccer Championship (ISC) A 2016.

Rabu (20/7/2016) petang nanti, PSM Makassar dijamu di markas Madura United, Gelora Bangkalan. Untuk itu, ia berharap kemenangan dramatis 3-2 atas Persiba Balikpapan, Sabtu (16/7/2016) lalu di Stadion Andi Mattalatta akan berlanjut di pulau yang terkenal sebagai penghasil garam tersebut.

Kendati demikian, pelatih asal Belanda ini, juga nampak rasional dan tidak gegabah mengeluarkan statement. “Harus tampil maksimal, tetapi yang terpenting adalah membentuk karakter bermain tim,” alasannya.

Sikap realistis meneer asal Belanda itu beralasan. Pasalnya, Madura United kini berada di peringkat kedua klasemen sementara ISC 2016. Poinnya saat ini sudah 21 dengan raihan enam kali menang, tiga kali seri, dan sekali kalah. Sementara Madura United hanya selisih dua poin terhadap tim pemuncak klasemen, Arema Cronus.

PSM Makassar sendiri masih terpuruk di posisi ke-15 dari 18 tim, dengan 10 poin, atau selisih 11 poin dibandingkan tim debutan di turnamen elite level nasional ini. Tim Juku Eja baru tiga kali menang, sekali seri, dan enam kali kalah.

Hal ini terbalik 90 derajat dibandingkan Madura United. Meski bertolak menuju Madura sehari sebelum pertandingan, Robert mengungkapkan tak ada masalah terhadap kondisi pemain. Ia menegaskan, 18 pemain yang ia boyong dalam kondisi fit kecuali Muchlis Hadi Ning Syaifullah.

Menurutnya, secara fisik semua pemain tidak ada masalah. Soal mental dan kesiapan bermain pun cukup baik. “Tak ada masalah kondisi pemain secara fisik. Semua fit, mental juga bagus. It’s okay, tidak ada masalah sebab semua pemain dalam kondisi prima,” bebernya.

Selasa (19/7/2016) kemarin, saat Pasukan Ramang sudah menjajal rumput Gelora Bangkalan. Di sana, para pemain terlihat lebih santai saat berlatih. Para pemain hanya berlatih ringan, dan tidak terbebani pertandingan berat sore hari ini.

Robert juga nampak lebih banyak memberikan games ringan bagi para pemain. Untuk persoalan strategi dan pemilihan pemain, ia kemungkinan akan menduetkan Ferdinand Sinaga dengan pemain muda Andri di lini depan. Peluang Andri dipasang sebagai starter terbuka lebar lantaran Muchlis Hadi Ning Syaifullah masih dalam kondisi kurang fit.

“Untuk strategi, tidak ada yang spesial. Seperti biasanya, tetapi untuk pemilihan pemain kemungkinan akan ada rotasi,” imbuhnya.

Sementara itu, Asisten Pelatih Madura United, Winedy Purwito, mengatakan Madura United akan bermain maksimal. Tiga poin yang ditargetkan manajemen adalah keharusan dan “harga mati”.

“Kami sekarang berada di posisi kedua klasemen, putaran pertama ini target adalah memuncaki klasemen. Ini berarti setiap pertandingan harus kami menangkan, khususnya di kandang sendiri,” tegasnya.

Kendati demikian, Winedy mengatakan tetap waspada terhadap permainan PSM Makassar. “Tim PSM Makassar baru saja meraih kemenangan, tentu memiliki motivasi yang tinggi. Ini yang patut kami waspadai, termutama pemain depannya,” imbuhnya.

Nisa Nasifah

Komentar

Check Also

Superbad Siap Tampil All Out, Saat Hadapi Tim Sepak Bola Bertabur Selebritis

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Tim Non-Profesional asal Makassar, Superbad siap tampil all out malam ini melawan …

Share This
Mediawarta