Ini Sosok Pencipta Pokemon Go yang Menghebohkan Dunia

MEDIAWARTA.COM – Jutaan orang sedang dilanda demam game Pokemon Go. Mereka mencari makhluk virtual itu yang muncul di berbagai tempat. Tidak sedikit yang rela berjalan berkilo-kilo meter, demi mendapatkan Pokemon melalui game tersebut.

Bila Anda salah satu diantara orang yang keranjingan bermain Pokemon Go, sebaiknya mengetahui siapa dibalik kesuksesan game tersebut? Siapa penciptanya? Pokemon Go dikembangkan developer Niantic yang berbasis di San Francisco. Pendiri dan CEO-nya adalah pria asal Texas, John Hanke. Dia ini yang berperan besar dalam penciptaan Pokemon Go.

Mengapa Pokemon Go mengandalkan peta online. Karena Hanke juga ternyata juga merupakan sosok di balik kelahiran Google Earth dan Google Maps yang banyak dimanfaatkan orang saat ini. Ia salah satu pendiri Keyhole, perusahaan yang dibeli Google untuk memulai layanan peta.

Banyak orang Niantic adalah veteran Google. Niantic sendiri adalah startup yang dulu  dikembangkan di bawah naungan Google, tapi sekarang sudah menjadi perusahaan independen.

Sebelum berkecimpung di dalam dunia starup, Hanke yang mendapat gelar MBA dari University of California Berkeley, dulu pernah bekerja di Departemen Luar Negeri AS. Sewaktu mahasiswa, tepatnya pada tahun 1996, Hanke membuat generasi pertama game jenis MMO (massively multiplayer online game) yang disebut Meridian 59. Ia menjual game itu ke perusahaan bernama 3DO, kemudian giat menggeluti teknologi peta online.

Tahun 2000, dia aktif di Keyhole sampai perusahaan ini diakuisisi Google. Hanke adalah sosok kunci kesuksesan Keyhole. Saat Google Earth dirilis memakai basis teknologi dari Keyhole, dunia juga gempar dan banyak orang ramai-ramai mencobanya. Fenomena sama seperti yang dialami Pokemon Go sekarang.

Puas dengan kiprahnya di Google, Hanke mendirikan perusahaan sendiri bernama Niantic tahun 2010. Keberhasilan pertama adalah game Ingress yang menarik sekitar 15 juta pengguna. Ingress adalah game genre fiksi ilmiah, di mana ada dua faksi saling bertarung untuk memperebutkan portal yang lokasinya di dunia nyata.

Salah satu penggemar dari Ingress adalah Tsunekazu Ishihara, CEO dari Pokemon Company yang sebagian sahamnya dimiliki Nintendo. Terbentuklah ide membuat Pokemon Go, di mana Niantic di bawah komando Hanke menjadi eksekutornya.

Pokemon Go disebut sebagai penerus spiritual dari Ingress. Niantic memang banyak mengambil data Ingress yang dimasukkan ke Pokemon Go. Sebut saja lokasi portal yang banyak dijadikan sebagai Pokestops.

Pokemon Go sukses luar biasa sejak hari peluncuran, jutaan orang keranjingan memainkannya. Sebuah fenomena yang rasanya belum berhenti, mengingat game itu belum resmi meluncur di banyak negara, termasuk Indonesia.

Komentar

Check Also

VIDEO: Pria Paris Mirip Spiderman Menyelamatkan Bocah Diatas Gedung Apartemen

MEDIAWARTA.COM,  Seorang Pria Paris Mirip Spiderman memanjat gedung untuk menyelamatkan seorang bocah. pria imigran asal …

Share This
Mediawarta