Foto: Istimewa

Tips Menyimpan Ketupat agar Tak Mudah Basi

MEDIAWARTA.COM – Ketupat merupakan makanan yang wajib ada ketika menyambut datangnya momen paling dinantikan, Lebaran. Biasanya, sanak keluarga atau tetangga sengaja berkumpul untuk membuat kulit ketupat dan mengisinya dengan beras bersama. Hal ini biasa dilakukan dua hari atau semalam sebelum perayaan Idul Fitri.

Melihat kebersamaan ini, tentu banyak hal baik yang bisa dipetik sebagai makna hari raya. Ketupat memang identik perayaan Idul Fitri yang dilaksanakan umat Muslim selepas berpuasa selama satu bulan penuh. Tanpa adanya ketupat, perayaan Lebaran jadi terasa kurang lengkap. Oleh karena itu, perayaan Lebaran dengan ketupat dimaknai penuh arti.

Kendati demikian, ada beberapa masalah terkait ketupat yang mungkin berlebihan dan tidak termakan habis. Namun, jangan khawatir karena ada cara yang sederhana agar makanan ini tetap awet.

Simpan ketupat dalam lemari es (bungkus plastik agar kulitnya tidak kering). Ketupat yang disimpan dalam lemari es dapat bertahan empat hingga tujuh hari. Kukus ketupat (jangan direbus) untuk menghangatkan kembali ketupat sebelum disantap.

Potong ketupat seperlunya saja, karena ketupat yang sudah dipotong akan lebih mudah basi dibandingkan yang masih terbungkus utuh.

Setelah menyimak tips-tips di atas semoga tidak bingnung lagi cara membuat menyimpan ketupat yang benar. Kalau ketupat buatan rumah enak, pastinya keluarga makin betah makan di rumah dan Lebaran menjadi semakin spesial dan menyenangkan.

Sumber: majalahkuliner.info

Komentar

Check Also

Gatros Manjakan Lidah Pengunjung Sepanjang Bulan Januari

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Gastros hadir dengan promo Buy 1 get 1 dan Toast Temptation, yang …

Share This
Mediawarta