Wali Kota Makassar manfaatkan momen Apeksi di Jambi untuk berburu investor

MEDIAWARTA.COM, JAMBI – Wali Kota Makassar manfaatkan momen Apeksi di Jambi untuk berburu investor. Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto seakan tak mengenal lelah bekerja mewujudkan Makassar yang “Dua Kali Tambah Baik” dan nyaman untuk semua.

Baru saja tiba dari Toraja menghadiri undangan Sidang Sinode AM XIV Gereja Toraja, Selasa (26/7/2016) subuh kemarin, siangnya Ramdhan bertolak ke Jambi mengikuti Musyawarah Nasional (Munas) V Asosiasi Pengusaha Konstruksi (Apeksi) 2016 di Bumi Pusako Batuah, Jambi.

Setiba di Jambi, ia langsung bergabung bersama sejumlah wali kota dari berbagai daerah di Indonesia pada Welcoming Dinner yang dihelat sebagai rangkaian Munas V Apeksi 2016, Selasa (26/7/2016).

Di jamuan makan malam itu, Danny, nama akrab Ramdhan, bersama Wali Kota Jambi Syarif Fasha, dan Wali Kota Lubuk Linggau SN Prana Putera Sohe, menghibur tamu yang datang dengan menyanyikan lagu bersama pedangdut Iis Dahlia.

Jika mengenal diplomasi meja makan yang dipraktikkan Presiden RI Joko Widodo semasa menjabat Wali Kota Solo, dengan membangun komunikasi lewat pertemuan disertai jamuan makan bersama pedagang kaki lima (PK5) yang membuahkan relokasi tanpa gejolak, maka inilah gaya diplomasi Ramdhan dalam menghangatkan suasana, membangun keakraban, dan menciptakan peluang bagi Makassar untuk menggaet investor ke Kota Anging Mamiri.

“Diplomasi itu penting bagi kota (pemerintah), seperti seni dalam pemerintahan yang menuntut kecakapan kita dalam membangun relasi, dan menyampaikan kepentingan pemerintahan agar diterima dengan baik,” ujarnya.

Selepas mengikuti Welcoming Dinner, Wali Kota Danny meninjau persiapan stand expo Makassar di arena Munas V Apkesi 2016 yang dibuka hari ini, Rabu (27/7/2016). Di sini, Makassar akan memamerkan sejumlah potensi yang dapat dikembangkan pemerintah kota (Pemkot) bersama pengusaha yang tergabung dalam Apeksi.

Bidang infrastruktur, transportasi, energi, pemukiman, kesehatan, dan kemaritiman menjadi jualan Makassar saat expo nanti. “Kita memiliki begitu banyak potensi yang bisa dikembangkan dan membutuhkan modal yang begitu besar. Pertemuan semacam ini, dapat kita manfaatkan untuk memperkenalkan potensi yang ada sekaligus menangkap peluang investasi,” jelas Danny.

Sejumlah wali kota juga turut hadir pada Welcoming Dinner, di antaranya Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Wali Kota Bogor Bima Arya, Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo, dan Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal.

Novianti/Foto: Humas Pemkot Makassar

Comment