Waspada, Ini Penyakit yang Mengintai Pasca Lebaran

MEDIAWARTA.COM – Lebaran senantiasa identik liburan dan berkumpul bersama keluarga. Tentunya, makanan selalu berlimpah di hadapan dan menggugah selera. Selain itu, biasanya pola makan sering “kecolongan” dan tidak terkontrol. Makanya, beberapa penyakit bisa menyerang setelah Lebaran.

Kelelahan Pasca Mudik

Perjalanan jauh saat mudik dan mengonsumsi makanan yang kurang sehat menjadi risiko terkena penyakit. Misalnya, infeksi pernafasan atau flu. Apalagi, selama perjalanan, seseorang kurang istirahat. Kalau sudah demikian, badan mulai pegal-pegal atau sakit kepala. Untuk mencegahnya, gunakan waktu liburan dengan beristirahat dan minumlah vitamin untuk mengembalikan “imun” tubuh. Seseorang juga wajib mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan jauh.

Gangguan-gangguan Kesehatan Kronis

Sebelumnya, mungkin seseorang tidak pernah terkena penyakit kronis. Akan tetapi setelah Lebaran, hal itu bisa saja terjadi. Ini terutama saat pola makan tidak terjaga. Misalnya, terlalu banyak mengonsumsi makanan manis, berlemak, dan asin. Akibatnya, kolesterol bisa naik. Bahkan, penderita sakit maag juga bisa kambuh karena makan tidak teratur dan mengonsumsi makanan berlemak secara berlebihan.

Infeksi pada Saluran Pencernaan

Saat libur Lebaran, kadang-kadang seseorang lupa terhadap kebersihan lingkungan. Binatang pun membawa bibit penyakit dari sampah yang menumpuk di hari libur. Akibatnya, seseorang rentan terkena gangguan pencernaan, seperti infeksi usus (diare), demam thypoid, bahkan demam berdarah. Makanan yang lama ditinggal saat mudik juga rentan ditumbuhi jamur. Kalau tidak diperhatikan dengan saksama, seseorang bisa keracunan makanan.

Sumber: gadis.co.id/Foto: ridley.edu.au

Komentar

Check Also

Halodoc Sediakan Akses Layanan Telekonsultasi Gratis & Penawaran Spesial Tes COVID-19 Di Hari Kemerdekaan RI

MEDIAWARTA.COM, JAKARTA – Halodoc, perusahaan teknologi penyedia akses layanan kesehatan terlengkap, berupaya membantu pemerintah dalam …

Share This
Mediawarta