Salah satu unit corporate social responsibility (CSR) PT DJarum Indonesia adalah Djarum Foundation. Unit ini salah satunya adalah membidangi lahirnya bibit pebulu tangkis di Indonesia. Foto: Istimewa

Wow, ini lima orang terkaya di Indonesia

MEDIAWARTA.COM – Wow, ini lima orang terkaya di Indonesia. Menjadi orang terkaya di Indonesia, siapa yang tidak mau? Tetapi, semua hasil tersebut tentu tidak didapatkan semudah membalik telapak tangan. Untuk meraih predikat orang terkaya di Indonesia, bahkan di dunia perlu kerja keras, keuletan, kecerdasan, dan hal-hal terkait komitmen.

Seperti dikutip dari dw.com, beberapa putra Indonesia berhasil masuk dalam daftar orang terkaya di dunia. Jika dikerucutkan secara regional, pengusaha maupun taipan ini adalah keluarga Hartono dari Djarum, Susilo Wonowidjojo dari Gudang Garam, Anthoni Salim dari Indofood, Eka Tjipta Widjaja dari Sinar Mas, dan Chairul Tanjung dari Trans Corp.

Keluarga Hartono dari Djarum

Keluarga yang berpangku pada dua saudara, Robert dan Michael, seperti lansiran Forbes belum lama ini, ditaksir memiliki kekayaan senilai 15,4 miliar dolar AS atau sekitar Rp 200 triliun. Selain produsen rokok Djarum, keluarga Hartono juga memegang saham terbesar di Bank Central Asia (BCA), produsen elektronik Polytron, dan Mall Grand Indonesia. Hartono bersaudara adalah keluarga terkaya di Indonesia saat ini.

Susilo Wonowidjojo dari Gudang Garam

Kendati banyak merugi dengan Gudang Garam dalam beberapa tahun terakhir, Forbes masih menempatkan putra ketiga pendiri Gudang Garam ini di urutan kedua daftar orang terkaya Indonesia. Hartanya ditaksir mencapai 5,5 miliar dolar AS atau sekitar Rp 72 triliun.

Anthoni Salim dari Indofood

Pernah terpaksa menjual BCA, Indocement dan Indomobil menyusul krisis ekonomi pada 1998, Anthoni Salim kembali berjaya lewat Indofood. Kekayaannya diyakini membengkak menjadi 5,4 miliar dollr AS, atau setara Rp 70 triliun. Dua tahun lalu Salim Group juga mengakuisisi Goodman Fielder, salah satu produsen makanan terbesar di Australia dan Selandia Baru dengan harga 1,3 miliar dolar AS.

Eka Tjipta Widjaja dari Sinar Mas

Eka Tjipta adalah salah satu taipan tertua di Indonesia yang telah aktif sejak zaman Orde Baru. Kekayaannya melejit pertama kali berkat Bank International Indonesia (BII) dan Grup Sinar Mas yang banyak dikenal lewat produsen kertas Asia Pulp and Paper. Forbes melansir, Eka Tjipta ditaksir memiliki harta senilai 5,3 miliar dolar AS.

 Chairul Tanjung dari Trans Corp

Pria yang pernah menjabat Menko Perekonomian di era Susilo Bambang Yudhoyono ini mendulang harta lewat Bank Mega, Trans Corp, dan juga Carrefour Indonesia. Chairul Tanjung diyakini memiliki kekayaan senilai 4,8 miliar dolar AS atau setara Rp 63 triliun.

Komentar

Check Also

Rolling Hills Hadir di Tanjung Bunga

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Hunian Premium Premium di Tanjung Bunga yang akan dibangun disamping Trans Studio …

Share This
Mediawarta