Foto : Int

5 Hal di Indonesia Yang Membuat Negara Lain Iri

MEDIAWARTA.COM – Selain negeri Belanda, Inggris dan Jepang pernah menduduki Indonesia. Mereka bahkan memaksa warga pribumi untuk menggarap lahan-lahan pertanian, serta bekerja di kawasan pertambangan. Semua itu dilakukan untuk meraup keuntungan sebesar-besarnya dari sumber daya alam kita.

Berikut adalah lima hal yang membuat banyak negara tertarik untuk menjajah Indonesia.

1. Hasil Ikan Yang Melimpah

karena Indonesia memang dikenal sebagai negara maritim. Berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Informasi Geospasial, Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dengan jumlah pulau 13.466 buah, luas daratan 1.922.570 kilometer persegi dan luas perairan 3.257.483 kilometer persegi. Maka dari itu, kawasan laut menjadi area yang harus terus dijaga kedaulatannya, terutama dari para pelaku illegal fishing. Berdasarkan data Bank Dunia, Menteri Keluatan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan bahwa Indonesia sudah merugi USD 25 miliar atau sekitar Rp 329 T akibat aksi illegal fishing yang merajalela selama ini.

2. Memiliki Banyak Pulau Yang Indah

Ribuan pulau yang tak berpenghuni di Indonesia itulah yang akhirnya menjadi incaran negara-negara asing yang tertarik untuk menguasainya. Bahkan, masih hangat di ingatan, ketika Pulau Sipadan dan Ligitan menjadi sengketa antara Indonesia dan Malaysia.

Sayangnya, kedua pulau itu harus dilepaskan oleh Indonesia karena Mahkamah Internasional ternyata memenangkan negeri Jiran. Ini menjadi bukti kalau banyak pulau (tak berpenghuni) di Indonesia yang harus dijaga keberadaannya, sebab pastinya banyak negara yang mengincar pulau-pulau itu

Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) pada tahun 2002, jumlah pulau di Indonesia mencapai 18.306 buah. Hasil tersebut didapat melalui kajian citra satelit. Dan dari sekian banyaknya pulau yang dimiliki Indonesia, ternyata hanya sekitar 6.000 pulau yang dinyatakan berpenghuni.

3. Kawasan Hutan Yang Luas

Indonesia merupakan salah satu paru-paru bumi. Hal ini karena Indonesia memiliki hutan hujan tropis terluas ketiga di dunia, setelah Brazil dan Kongo. Bahkan, luas hutan di negeri ini diperkirakan mencapai 162 juta hektar.

Sayangnya, dalam beberapa tahun terakhir, luas hutan di Indonesia terus berkurang. Bahkan menurut Guinness World Record, Indonesia adalah negara dengan tingkat kehancuran hutan paling cepat di dunia. Hal ini tentunya sangat disayangkan, apalagi Indonesia diperkirakan kehilangan luas hutannya yang setara dengan 300 lapangan sepak bola setiap jamnya.

4.Hasil Tambang Yang Beraneka Rupa

Beberapa hasil tambang yang banyak dicari di Indonesia adalah minyak bumi, batu bara, timah, bijih besi, bijih emas, tembaga, intan, dan nikel. Untuk penambangan minyak bumi sendiri, kita bisa menemukannya di banyak daerah di Indonesia, termasuk Pulau Sumatera, Jawa, Maluku dan Papua. Selain di daratan, pertambangan minyak bumi di Indonesia juga bisa ditemukan di area lepas pantai

Karena itulah, Hasil tambang menjadi salah satu alasan utama kenapa banyak negara yang ingin menguasai Indonesia. Bahkan sampai sekarang, banyak perusahaan asing yang berusaha memonopoli sumber daya alam Indonesia, terutama pada sektor pertambangan.

5. Sumber Energi Yang Melimpah

Karena pasokan energi yang terbarukan dan tidak terbarukan di negeri ini sangat melimpah. Sumber energi yang terbarukan di Indonesia berasal dari beberapa sumber, seperti biofuel, biomassa, panas bumi, air, angin, gelombang laut, dan matahari. Sementara untuk sumber energi yang tak terbarukan, Indonesia memiliki pasokan minyak bumi dan gas alam yang sangat melimpah.

Biomassa misalnya, dapat dihasilkan dari bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita. Di Indonesia sendiri, energi alternative seperti biomassa sudah dimanfaatkan untuk membangkitkan listrik.

Komentar

Check Also

Ditinggal PKS, Deng Ical: Kita Bersabar dan Terus Berjuang!

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Bakal Calon Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal alias Deng Ical, menanggapi santai …

Share This
Mediawarta