Ada lukisan wajah DN Aidit di Terminal Tiga Bandara Sukarno-Hatta

Foto : Int

MEDIAWARTA.COM – Lukisan yang menampilkan sosok yang diyakini sebagai Ketua Partai Komunis Indonesia, PKI, Dipa Nusantara Aidit (DN Aidit) di dalam lukisan berjudul The Indonesia Idea karya perupa Galam Zulkifli di Terminal tiga Bandara Sukarno-Hatta, Jakarta, akhirnya diturunkan karena menimbulkan polemik di masyarakat.

Dikutip dari bbc.com, sejak viral di media sosial, timbul pro dan kontra di masyarakat terhadap sosok DN Aidit dalam lukisan tersebut, dan berujung ada tuntutan agar lukisan itu diturunkan.

Foto : Int
Foto: Int

Semula, hanya ditutupi kain putih, pihak pengelola bandara Sukarno Hatta akhirnya memutuskan untuk menurunkan lukisan itu sejak Jumat (12/082016) siang.

Gambar Aidit dalam lukisan tersebut memang berukuran lebih kecil jika dibandingkan dengan tokoh NU Hasyim Asyarie dan tokoh Muhammadiyah Ahmad Dahlan.

Chris Darmawan, kurator lukisan tersebut saat dihubungi, mengatakan dirinya “tidak ada maksud politik atau niat apapun” untuk melukis sosok DN Aidit dalam lukisan besar tersebut.

Menurutnya, semua tokoh yang pernah mewarnai jalannya sejarah Indonesia memang dimuat, terlepas apakah mereka dikategorikan pahlawan atau pemberontak.

Comment