Dinkes Makassar Sosialisasi Peleburan Jamkesda ke Jaminan Kesehatan Nasional

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Dinkes Makassar Sosialisasi Peleburan Jamkesda ke Jaminan Kesehatan Nasional. Keputusan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang mengintegrasikan program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) ke Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), membuat Dinas Kesehatan (Dinkes) Makassar melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang peleburan tersebut.

Kepala Dinkes Makassar Naisyiah T Azikin menjelaskan sosialisasi dilakukan untuk memberikan pemahan kepada masyarakat sebagai peserta dalam penyelenggaraan Jamkesda yang masuk ke dalam program JKN.

“Per 1 Februari kemarin, program Jamkesda sudah terintegrasi program JKN. Ini kita sosialisasi untuk peserta Jamkesda pada tiga kecamatan, Mamajang, Tamalate, dan Tamalanrea dengan 300 perserta,” ujarnya saat ditemui di Hotel Anugrah, Jalan Boulevard, Makassar, Kamis (4/8/2016).

Berdasarkan data Dinkes Makassar, untuk peserta Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) sebanyak 330.678 orang, sementara untuk kuota peserta JKN untuk Kota Makassar sebesar 174 ribu orang. Sementara, saat ini yang terdaftar sebanyak 141.001 orang, masih ada kekurangan sebanyak 32.999 orang.

“Untuk peralihan, kami siapkan Rp 48 miliar. Meski Jamkesda sudah dilebur ke dalam program JKN, masyarakat tetap bisa menikmati pelayanan kesehatan di Puskesmas,” papar Naisyah.

Untuk peralihan ini, pihaknya masih tetap menganggarkannya. Tetapi masyarakat miskin yang belum memiliki KIS, ia minta untuk segera mendaftar di loket kemiskinan di Kantor Dinas Sosial Makassar agar bisa di data.

Naisyah berharap, akhir tahun ini seluruh masyarakat miskin sudah terdata dan terdaftar sebagai peserta JKN.

Comment