Ini 5 manfaat Serai untuk kesehatan tubuh

foto : Int

MEDIAWARTA.COM – Di Indonesia, Salah satu rempah yang banyak ditemui adalah serai. Ternyata daun serai tak hanya bisa membuat masakan menjadi makin harum dan enak saja. Serai juga kaya akan manfaat buat kesehatan.

Serai rempah yang kaya akan vitamin A dan C, kaya akan folat, asam folat, magnesium, seng, tembaga, besi, kalium, fosfor, kalsium dan mangan. Daun serai juga rempah yang kaya akan vitamin B. Ini beberapa manfaat serai buat kesehat antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Menyehatkan Sistem Pencernaan

    Untuk manfaat pertama dari serai adalah untuk menyehatkan sistem pencernaan. Peneliti menemukan bahwa di dalam serai terkandung senyawa yang bisa membuat sistem pencernaan makin sehat. Senyawa ini dikatakan mampu menjadi antiseptik yang efektif membunuh bakteri jahat dalam sistem pencernaan dan menjadikan sistem pencernaan selalu sehat. Tak hanya menjaga menyehatkan sistem pencernaan, serai juga bantu mengatasi sembelit, kejang perut, diare, muntah, kram, mulas maupun diare.

    2. Menurunkan Kolesterol

    Di dalam serai, terkandung senyawa anti kolesterol yang bisa bantu menurunkan kolesterol dan membuatnya selalu dalam kondisi stabil. Kandungan kalium yang tinggi dalam serai tak hanya bantu menurunkan kolesterol saja. Lebih jauh, ia juga bantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

    3. Mengobati Flu dan Pilek

    Daun serai juga bisa sebagai obat flu dan pilek. Aroma serai yang wangi dan kandungan nutrisinya yang sangat mengesankan menjadikan serai sangat baik dalam mengobati flu dan pilek. Tak hanya itu saja, serai juga dikatakan mampu membuat sistem pernafasan menjadi lebih sehat. Ia juga bisa mengobati masalah asma dan bronkitis.

    4. Mencegah Kanker

    serai bisa sebagai minuman herbal yang bisa mencegah kanker. Teh serai bisa melawan dan mencegah risiko kanker. Nutrisi yang terkandung di dalam serai dipercaya mampu membunuh sel kanker dalam tubuh.

    5. Mengatasi Stres

    Teh serai bisa mengatasi masalah stres. Aroma wangi dari serai dipercaya bisa menjadi antidepresan yang sangat baik dalam mengatasi dan mencegah masalah stres, pikiran kurang bahagia hingga depresi. Bila sering kali mengalami perasaan cemas, depresi atau stres, tak ada salahnya untuk segera minum secangkir teh serai hangat.

Itulah beberapa manfaat mengagumkan dari serai buat kesehatan tubuh.

Sumber : vemale

Comment