Pelindo IV akan buka empat koridor ekspor langsung

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Pelindo IV akan buka empat koridor ekspor langsung. PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV (Persero) berencana membuka empat koridor untuk ekspor langsung ke luar negeri dari empat pelabuhan di kawasan timur Indonesia (KTI) hingga Desember nanti.

Direktur Utama PT Pelindo IV (Persero) Doso Agung mengatakan, saat ini untuk koridor satu sudah dibuka, yaitu direct call atau sistem pengapalan langsung ke luar negeri dari Pelabuhan Makassar yang sudah berlangsung sejak 5 Desember 2015.

“Di Makassar, selain direct call, kami juga menghimpun kargo dari Papua, Kalimantan, Kendari dan Palu. Jika empat koridor ekspor langsung sudah terbuka semuanya, nantinya kargo tidak hanya melalui Makassar, tetapi juga bisa melalui pelabuhan lainnya,” jelas Doso Agung dalam sambutannya pada penandatanganan kesepakatan bersama PT Pelindo IV dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau, tentang kerja sama pengoperasian Pelabuhan Tanjung Batu, Kalimantan Timur di Makassar, Senin (8/8/2016).

Menurutnya, selama ini sebenarnya banyak investor yang melirik Merauke sebagai salah satu wilayah di Indonesia timur yang punya banyak potensi. Namun, keterbatasan infrastruktur dan konektivitas, membuat para investor mengurungkan niat baik mereka untuk berinvestasi.

Hal itu lanjut Doso Agung, membuat pihaknya terpikir untuk membuka empat koridor ekspor langsung dari KTI. “Rencannya, akhir Agustus ini Pelindo IV akan membuka direct call dari Pelabuhan Bitung, sebagai koridor tiga,” paparnya.

Kemudian, pada September nanti, akan dibuka direct call dari Balikpapan sebagai koridor dua. “Di Balikpapan, selain ada cabang Pelindo IV, kami juga punya anak usaha yaitu PT Kaltim Kariangau Terminal (KKT), yang nantinya bisa membantu mewujudkan rencana tersebut,” ujarnya.

Selanjutnya, pada Desember nanti, Pelindo IV juga akan membuka jalur direct call dari Papua, sebagai koridor empat.

Singgih Wahyu Nugraha/Foto: Singgih Wahyu Nugraha

Comment