Hari ini, Google Ulang Tahun ke-18

Foto : Int

MEDIAWARTA.COM – Situs pencari raksasa, Google, berulang tahun hari ini, Selasa (27/9/2016) yang ke-18 (Google’s 18th Birthday). Situs mesin pencari ini hadir dengan hiasan doodle bertema animasi penuh warna.

Google adalah situs mesin pencari yang terus berkembang hingga mengikuti era digital. Setelah sukses di mesin pencari, Google merambah ke blog dengan mengakuisisi blogger dan Youtube.

Sebenarnya Google yang berulang tahun hari ini dicetuskan oleh Larry Page dan Sergey Brin saat masih mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford. Keduanya mempunyai 16 persen saham perusahaan lalu mengubah badan hukum menjadi perusahaan swasta pada tanggal 4 September 1998 di Amerika Serikat.

Lalu kenapa Google marayakan tanggal 27 September sebagai ulang tahun. Jawaban pasti ini belum pernah dirilis oleh Google. Namun, hampir setiap tahun terakhir, Google membuat Doodle untuk merayakan ultahnya pada 27 September sejak tahun 2006. Sebelumnya pernah merayakan pada tanggal 26 september tahun 2004. Bahkan tanggal 7 dan 8 September juga diraayakan di masa lampau.

Google sudah beralih ke perangkat keras komunikasi. Mereka bekerja sama dengan berbagai produsen elektronik besar untuk memproduksi perangkat Nexus-nya dan mengakuisisi Motorola Mobility pada Mei 2012.

Tahun 2012, infrastruktur serat optik dipasang di Kansas untuk memfasilitasi layanan Internet pita lebar Google Fiber. Perusahaan ini diperkirakan mengoperasikan lebih dari satu juta server di beberapa pusat data di seluruh dunia dan memproses lebih dari satu miliar kueri pencarian dan sekitar 24 petabita data buatan pengguna setiap harinya.

Pada 10 Agustus 2015, Google melalui postingan blog, CEO Google Larry Page mengumumkan pembentukan perusahan baru bernama Alphabet yang akan menjadi perusahaan induk mencakupi Google dan usaha-usaha lain yang tak terlalu terkait erat dengan bisnis utama Google.

Pada restrukturisasi tersebut, Larry Page akan menjadi CEO perusahaan baru Alphabet. Sergey Brinn menjabat sebagai President didampingi Erich Schmidt sebagai Executive Chairman. Sedangkan, CEO Google dijabat oleh Sundar Pichai.

Comment