Alasan mengapa Astra Green Run sayang untuk dilewatkan

MEDIAWARTA.COM, JAKARTA- Setelah dua tahun sukses ‘menghijaukan’ Jakarta, Astra Green Run (AGR) Jakarta kembali akan dilaksanakan pada tanggal 16 Oktober 2016 di Ocean Ecopark Ancol, Jakarta.
AGR merupakan bagian dari Astra untuk Indonesia Hijau, yaitu salah satu bagian dari program tanggung jawab sosial Grup Astra untuk menjaga dan melestarikan lingkungan hidup serta mendukung kampanye ramah lingkungan ke masyarakat luas.
Menurut rencana, AGR Jakarta 2016 yang diikuti oleh 2.500 pelari, akan dibuka oleh Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Republik Indonesia Siti Nurbaya, Menteri Pemuda & Olahraga Republik Indonesia Imam Nahrawi serta Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto.
Berikut 10 alasan, dalam konteks lingkungan, mengapa orang jangan melewatkan AGR:
1. Setiap pelari yang mendaftar AGR menyumbangkan satu pohon yang akan ditanam oleh Astra, sehingga turut berperan aktif menjaga kelestarian lingkungan dan hutan di Indonesia.
2. Setiap pelari yang membawa 10 botol plastik bekas saat pengambilan race pack akan mendapatkan cash back sebesar Rp 50.000. Kontribusi ini merupakan wujud pelari AGR dalam mengurangi sampah plastik bekas.
3. Botol plastik bekas yang terkumpul akan diberikan ke bank sampah binaan Astra untuk diolah dan menghasilkan pendapatan bagi warga binaan, sehingga pelari berperan aktif mengurangi limbah sampah plastik, sambil meningkatkan ekonomi warga.
4. Melalui AGR tahun 2014 dan 2015, Astra telah menyumbangkan 71.610 botol plastik ke beberapa bank sampah Binaan Astra, yaitu Bank Sampah Karya Peduli di Semper Barat Jakarta Utara, Bank Sampah Rawajati di Jakarta Selatan, Bank Sampah Sanora di Semper Barat, Jakarta Utara.
5. Melalui AGR 2014 dan 2015, Astra telah mendonasikan 44.925 pohon dari total 179.625 pohon yang ditanam di Hutan Haroto Pusoko, Astra Forest – kawasan hutan konservasi seluas 200 hektar di Desa Babakan Madang, Sentul, Bogor, Jawa Barat.
6. AGR Jakarta 2016 menampilkan Fun Run untuk anak di bawah 5 tahun berjarak 100 meter dan 6-10 tahun berjarak 400 meter. Di samping kategori dewasa: 5K dan 15K.

7. Ada edukasi lingkungan di lokasi kegiatan AGR. Salah satunya adalah tentang pengelolaan sampah dan teknik penanaman hidroponik.
8. Kegiatan eco-edutainment untuk pelari dan keluarga. Ada berbagai kegiatan komunitas pencinta lingkungan yang ditampilkan, konsep penanaman tanaman dengan hidroponik, penukaran sampah dengan kreasi recycle di Bank Sampah binaan, story telling dan permainan tradisional bagi anak serta aktivitas hijau lainnya yang bisa dicontoh pengunjung.
9. Total hadiah AGR 2016 cukup menarik, lebih dari Rp 160 juta.
10. Ada 6.454 pelari yang sudah berpartisipasi di AGR tahun 2014 dan 2015 lalu.
Para pelari dan pengunjung juga akan dihibur dengan penampilan dari Ecoutez dan bisa berfoto di photo booth, menikmati stall makanan dan ice bathing setelah berlari, hingga area bermain anak.
Empat komunitas yang bergerak di bidang lingkungan juga akan turut memeriahkan acara ini. Yaitu:
– Rumah Hidroponik – Bank Sampah Melati – Bank Sampah Sanora yang merupakan binaan Astra – Rumah Kerinci
Hijaukan 6 Kota
Tahun ini, gerakan gaya hidup hijau yang digagas Astra (Astra Green Lifestyle/AGL) diadakan di 6 kota berbeda. Mulai dari Fun Run di Pekanbaru dan Yogyakarta (25 September), Palembang (15-16 Oktober), serta Bandung (16 Oktober), dan professional run (AGR) di Bali (2 Oktober) dan Jakarta (16 Oktober).
Beragam kegiatan AGL dilaksanakan di tiap-tiap kota, yaitu lomba lari, jalan sehat, zumba, senam relaksasi, edukasi hidup ramah lingkungan, kegiatan gotong royong membersihkan area kegiatan, dan memungut sampah di sepanjang jalur lomba lari.
Sedangkan di Jakarta mendatang akan disediakan pula eco-library dan taman vertikal bagi mereka yang ingin mempelajari cara mengolah taman di area yang terbatas.

Tahun ke-6 AGL
AGL yang telah dilaksanakan secara tahunan sejak 2011 ini bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk lebih sadar dan memiliki gaya hidup berwawasan lingkungan dengan Kenali-Lakukan-Ajarkan, yaitu:
– Kenali: menginspirasi dan menanamkan semangat mencintai lingkungan melalui informasi mengenai kegiatan pengelolaan lingkungan yang telah dilakukan Grup Astra.
– Lakukan: mendapatkan pengalaman tentang cara melakukan kegiatan pengelolaan lingkungan.
– Ajarkan: terinspirasi untuk mengajarkan ke orang lain.
Dimulai sejak tahun 2011, AGL yang diselenggarakan di Silang Selatan Monas diikuti oleh 5.000 peserta bike for green dan telah mendonasikan 3.000 bibit tanaman.
Rangkaian kegiatan juga turut dimeriahkan oleh komunitas-komunitas lingkungan dan lomba seputar lingkungan.
Melanjutkan AGL tahun 2012, Plaza Timur Monas menjadi titik temu 5.000 peserta fun bike yang kemudian diperkenalkan pada pembuatan biopori dan bank sampah.
Pada kegiatan tersebut telah terkumpul lebih dari 1.000 kg sampah nonorganik untuk diolah bank sampah.
Secara konsisten, pada 2013 AGL terus mengajarkan masyarakat akan gaya hidup hijau. Kala itu bertempat di Taman Mini Indonesia Indah.
Melalui green race dan pameran lingkungan yang dilengkapi dengan permainan-permainan menarik, AGL 2013 mencatat 2.000 peserta dan lebih dari 200 kg sampah non organik yang terkumpul.
Melihat antusias masyarakat yang semakin sadar akan pentingnya gaya hidup hijau dan tren olahraga di tahun 2014, Astra meninisiasi lari profesional pertama dalam sejarah Astra di Parkir Timur Senayan.
Diikuti oleh 2.789 pelari dan 25.000 pengunjung, kegiatan perdana itu mengumpulkan 25.000 botol plastik dan mendonasikan 40.000 bibit pohon.
Konsistensi Astra terus berlanjut hingga 2015 kegiatan serupa menarik 3.665 pelari dan 11.040 pengunjung di Jakarta dan Bali. Tak hanya itu, Astra ikut menanam 4.925 pohon dan mengumpulkan 46.610 botol plastik.

Demi menghijaukan kembali lndonesia, pada tahun ini AGR mengajak lagi masyarakat ikut lari untuk lingkungan. Didahului dengan AGR Bali pada 2 Oktober 2016 lalu, 1.000 pohon sudah didonasikan untuk ditanam di Hutan Taro, Puakan, Tegallalang, Gianyar.
Inspirasi 60 Tahun Astra
Sepanjang perjalanannya sejak didirikan pada tahun 1957, Astra senantiasa mendedikasikan karyanya untuk kemajuan bangsa Indonesia, sejalan dengan filosofi perusahaan yang tertera dalam Catur Dharma.
Dalam rangka menuju perayaan Hari Ulang Tahun ke-60 Astra pada tahun 2017, Astra mengusung tema “Inspirasi 60 Tahun Astra” yang digambarkan melalui produk dan layanan karya anak bangsa, sumber daya manusia yang unggul, serta kontribusi sosial yang berkelanjutan bagi bangsa dan negara.
Pada prinsipnya, di mana pun instalasi Astra berada harus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya, sesuai dengan butir pertama filosofi Catur Dharma Astra, yaitu “Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara”.

Comment