Andi Gilang janji berusaha keras musim ini di Jerez

MEDIAWARTA.COM- Pebalap Astra Honda Racing Team mencetak catatan waktu yang bagus di kualifikasi pertama dan kecepatan yang konstan di kualifikasi kedua.

Para pebalap Astra Honda Racing Team menampilkan performa yang berbeda di hari kedua. Andi Gilang menjalani kualifikasi saat suhu lintasan sangat tinggi yang membuatnya harus start di posisi 16 di balapan esok, sementara Dimas Ekky meraih hasil terbaiknya sepanjang musim balap ini: Dimas Ekky akan start dari baris kedua di grid 5 besok.

Di sesi kualifikasi pertama Andi Gilang tidak bisa menampilkan performa aslinya. Pebalap Indonesia asal Makassar ini berusaha keras menundukkan tikungan pertama, tapi tetap saja belum berhasil mencetak waktu yang bagus. Mendekati detik-detik berakhirnya sesi kualifiaksi, Andi mencoba melakukan perbaikan waktu dan meraih posisi 17 di lap terakhir dengan membukukan waktu 1’48.178. Karena ada satu pebalap yang terkena penalti, maka posisi Andi Gilang naik ke urutan 16. Kondisi makin sulit saat sesi kualifikasi kedua bagi pebalap yang bertarung di kelas Moto3 Junior World Championship. Dengan suhu lintasan lebih panas, performa ban menurun dan hanya 5 pebalap yang sanggup memperbaiki catatan waktunya.

Andi Gilang mampu meraih posisi ke 14, meski begitu tetap belum bisa memperbaiki catatan waktunya dan akan start di baris ke-6 grid start. Andi Gilang mengungkapkan “Di kualifikasi pertama saya sudah memperbaiki catatan waktu yang baik, tapi belum berhasil meraih posisi yang bagus. Dibanding kemarin, saya sudah memangkas satu detik. Di penghujung sesi kualifikasi saya mencoba ikut rombongan pebalap dan berhasil mencetak waktu terbaikku, meskipun performa ban sudah menurun karena panas dan banyaknya jumlah lap yang saya tempuh, saya berhasil posisi ke 17. Di kualifikasi kedua kondisi lebih susah untuk mencetak watu yang lebh baik, akhirnya saya meraih posisi ke-14 dengan waktu yang tak lebih baik dibanding kualifikasi pertama. Besok saya akan start dari posisi 16, tapi saya sangat yakin dengan motor saya. Saya akan berusaha melakukan tekanan lebih keras.”

Di sisi lain, Dimas Ekky mengawali hari ini dengan sangat baik. Kualifikasi pertama dilalui dengan nilai hampir sempurna, meraih posisi kelima dengan waktu 1:44.987. Pebalap Indonesia ini terlihat sangat nyaman dengan pacuannya dan balapan dengan percaya diri tinggi dan tampil lebih bagus dibanding sesi latihan resmi.

Di kualifikasi kedua Dimas Ekky menjadi pembalap ketiga tercepat, meskipun tidak berhasil memperbaiki catatan waktunya, toh tak satupun pebalap di depannya yang bisa memangkas catatan waktu mereka dengan kondisi lintasan yang panas. Pebalap Moto2 dari Indonesia ini sudah menemukan setingan terbaik dan meraih posisi 3 besar untuk pertama kalinya di sesi kualifikasi di musim ini.

Dimas akan start dari posisi kelima. “Di kualifikasi pertama kami mengganti gigi rasio keenam dan ternyata hasilnya bagus, makanya kami putuskan untuk memakainya dan melakukan sedikit penyesuaian pada bagian depan motor dan hasilnya posoitif. Saya bahagia karena beberapa kali mencetak waktu yang bagus dan makin cepat di beberapa lap lainnya hingga meraih posisi 5 besar. Selama kualifikasi kedua dengan suhu udara lebih tinggi, kami tetap bisa mendapatkan kecepatan yang bagus. Besok saya akan memberikan yang terbaik untuk meraih target menapaki podium.” Ujar Dimas Ekky

 Hasil Kualifikasi Moto3

1. Karel Hanika KTM 1:46.806
2. Raul Fernandez Husqvarnaa +0.375
3. Marcos Ramirez KTM +0445
4. Stefano Manzi Mahindra +0.480
5. Ayumu Sasaki Honda +0.504
6. Kaito Toba Honda +0.562
7. Lorenzo Dalla Porta Husqvarna +0.696
8. Tony Arbolino Honda +0.728
9. Albert Arenas Mahindra +0.829
10. Marco Berzecchi Mahindra +0.919
17. Andi Gilang Astra Honda Racing Team +1.372

 

Hasil Kualifikasi Moto2

1. Steven Odendaal Kalex 1:44.194
2. Tetsuta Nagashima Kalex +0.117
3. Alan Techer NTS NH-6 +0.339
4. Eric Granado Kalex +0.382
5. Dimas Ekky Astra Honda Racing Team +0.793
6. Augusto Fernandez Tech3 +1.034
7. Ramdan Rosli Kalex +1.141
8. Marcel Brenner H43 +1.236
9. Samuele Cavalieri Kalex +1.240
10. Sena Yamada Kalex +1.275

Comment