Apakah Bill Gates, Mark Zuckerberg dan Steve Jobs orang terkaya di dunia?

MEDIAWARTA.COM, Saat ini kita mengenal segelintir orang yang memiliki kekayaan yang luar biasa, sebut saja Bill Gates, Mark Zuckerberg dan Steve Jobs dan mungkin masih bayak lagi yang tidak terungkap.

Di masa kini kita mengenal Bill Gates, si pendiri Microsoft yang menurut majalah Forbes kekayaannya mencapai78 juta miliar dolar Amerika Serikat. Juga Mark Zuckerberg, pendiri Facebook, dengan kekayaan mencapai 55 miliar dolar Amerika. Kenyatannya, mereka memang masuk 10 besar manusia terkaya pada saat ini. Tetapi bukan yang terkaya dalam sejarah hidup manusia.

Bahkan Jenghis Khan, pemimpin kerjaan Mongol yang sangat luas wilayahnya, hanya berada di urutan kesepuluh, dalam daftar menusia terkaya sepanjang catatan sejarah. Dan berikut ini, lima orang terkaya yang pernah ada di muka Bumi. Seperti yang dilansir oleh Time. Siapa itu orang terkaya di dunia?

1. Akbar I (1542-1605)

mediawarta-akbar-i-1542-1605

Kaisar terbesar dinasti Mughal India ini mengendalikan sebuah kerajaan yang menyumbang sekitar seperempat dari seluruh ekonomi global. Sejarawan ekonomi Angus Maddison mendeskripsikan Akbar I sebagai, “Kelas penguasa dengan gaya hidup mewah yang melampaui masyarakat borjuis dan bangsawan di Eropa.” Dinasti Mughal diklaim sebagai salah satu kerajaan yang paling efektif dalam penggalian kekayaan dari populasi. Dengan ini, kekayaan Akbar I hampir tiga kali lebih besar dari pada Stalin.

2. Joseph Stalin (1878-1953) 

mediawarta-joseph-stalin-1878-1953

Pada tahun 1950, tiga tahun sebelum Stalin meninggal, Uni Soviet menguasai 9,5% dari output ekonomi global. Jika dibandingkan dengan nominal pada saat ini, itu setara dengan 75 triliun dolar Amerika. Meskipun uang tersebut secara teksnis ialah milik negara Uni Soviet, tetapi sebagai pemimpin Stalin punya kontrol penuh terhadapnya. Sulit bagi majalah Time untuk tidak memasukkan Stalin ke dalam daftar ini.

3. Kaisar Shenzong ( 1048-1085)

mediawarta-com-kaisar-shenzong-1048-1085

Saat dia memimpin, kerajaannya adalah salah satu yang paling kuat secara ekonomi. kekayaan kerajaan datang dari inovasi teknologi dan pemungutan pajak yang sangat ketat. Kaisar Shenzong sangat sentralistik, yang berarti kaisar memegang kendali besar atas ekonomi. Kerajaannya diperkirakan menyumbang 30% dari output ekonomi global.

4. Mansa Musa (1280-1337) 

mediawarta-musa

Time juga Forbes, menyebut Mansa Musa sebagai orang terkaya dalam sejarah manusia. Kerajaannya adalahprodusen emas terbesar yang pernah ada. Saking kayanya, para sejawaran kesulitan menebak secara pasti jumlah harta Mansa Musa. Satu cerita terkenal menyebutkan, ketika Mansa Musa yang muslim ini berangkat ke Mekkah untuk beribadah haji, dia membawa ratusan kilo emas bersama rombongan unta. Membuat kekacauan ekonomi di negeri-negeri yang dikunjunginya. Sedangkan satu tahun produksi saja, kerajaannya bisa menghasilkan satu ton emas.

5. Kasar Augustus ( 63 SM- 14 M)

mediawarta-kaisar-shenzong-1048-1085

Romawi dibawah kekuasaannya menyumbang 30% output ekonomi global, dengan kerajaan yang Kaisar Augustus kontrol penuh. Dia punya kekayaan pribadi sekitar 4,6 triliun dolar Amerika. Lebih dari itu, saat masih hidup, secara personal dialah yang memiliki Mesir. Silahkan jumlahkan sendiri kekayaannya.

Itulah lima orang terkaya yang pernah tercatat dalam sejarah manusia. Akankah muncul di masa kini atau di masa depan nanti orang-orang yang lebih kaya lagi?

Comment